Yamaha Mio S

Tiga Tewas, Gedung Kemenhub Hangus Terbakar

  Minggu, 08 Juli 2018   Andri Ridwan Fauzi
Ilustrasi. (pixabay.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak tiga orang meninggal dunia dalam kebakaran yang menimpa gedung Kementerian Perhubungan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu, sekitar pukul 04.00 WIB.

"Tiga orang berjenis kelamin laki-laki itu ditemukan tewas di lantai 5, 9, dan 11 gedung Kementerian Perhubungan," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Subejo seperti ditulis Antara, Minggu (8/7/2018). 

Saat ini, tiga korban tewas telah berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat untuk dilakukan proses identifikasi lebih lanjut.

Menurut Subejo, sebanyak 14 orang telah berhasil dievakuasi dengan selamat, dan saat ini beberapa masih berada di mobil PMI untuk dilakukan pertolongan pertama, sedangkan yang lainnya telah diizinkan pulang.

"Mereka kehabisan oksigen, tapi alhamdulillah selamat," ucapnya.

Terkait insiden tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Sekretaris Jenderal Djoko Sasono memantau langsung proses penanganan kebakaran di Gedung Kmenhub.

"Kondisi sampai saat ini api sudah berhasil diatasi oleh petugas pemadam kebakaran. Pak Menhub dan saya juga sudah mengecek langsung kondisi di lokasi kebakaran," ujar Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono di Jakarta, Minggu.

Laporan kronologi kejadian yang diterimanya, menyebutkan api diketahui sekitar pukul 03.30 WIB. Saat itu petugas keamanan kantor yang sedang bertugas langsung memadamkan panel listrik yang berada di Gedung Karya Lantai 1 Kemenhub.

"Menurut laporan api diketahui pukul 03.30 dan satpam yang bertugas langsung mematikan panel listrik. Kemudian petugas pemadam kebakaran datang pukul 04.00," terang Djoko.

Djoko menyampaikan apresiasi Menhub kepada petugas pemadam kebakaran yang cepat tanggap dalam mengatasi kebakaran di Kantor Kemenhub.

"Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada petugas pemadam kebakaran dan aparat keamanan yang cepat tanggap datang ke lokasi untuk memadamkan kebakaran. Kami juga ucapkan terima kasih kepada petugas yang sudah berhasil menemukan sumber api dan memadamkannya," katanya.

Berdasarkan informasi Command Center, sebanyak 17 unit mobil pemadam kebarakan dikerahkan untuk menjinakkan api.

Hingga pukul 07.30 WIB, proses pemadaman dan evakuasi korban masih berlangsung, dan asap tebal masih terlihat.

Pencarian korban dilanjutkan dari lantai 12 hingga lantai atas. Namun, akses pintu banyak yang terkunci, sehingga menyulitkan petugas untuk pencarian korban di lantai atas.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar