Yamaha Mio S

Catat! Gerhana Bulan Total Terjadi 28 Juli 2018

  Sabtu, 07 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi gerhana bulan. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Gerhana bulan total akan kembali terjadi pada 28 Juli 2018 ini. Fenomena alam yang dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia ini merupakan gerhana bulan terlama sepanjang abad ke-21.

Laman resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan bahwa saat waktunya tiba, bulan akan terlihat berwarna kemerahan dan manusia bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Gerhana bulan pada akhir Juli ini akan berlangsung selama 3 jam 55 menit, dengan fase gerhana bulan total selama 1 jam 43 menit. Gerhana bulan ini berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan gerhana bulan pada 31 Januari lalu yang hanya berlangsung selama 3 jam 23 menit, dengan fase gerhana bulan total 1 jam 16 menit.

Blood Moon ini bisa disaksikan dalam beberapa tahap. Merujuk pada perhitungan Dewan Hisab dan Rukhiyat Persatuan Islam, tahap pertama meliputi awal kontak gerhana pada pukul 01.24 WIB. Selanjutnya, gerhana bulan total mulai terjadi pada pukul 02.30 WIB dengan puncak gerhana pada pukul 03.21 WIB.

Lalu, fase berakhirnya gerhana bulan total akan berlangsung pada pukul 04.13 WIB dengan akhir gerhana pada 05.19 WIB.

Sehubungan dengan adanya gerhana bulan total itu, PERSIS mengajak umat Muslim untuk melaksanakan salat gerhana pada pukul 03.30 WIB.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar