Yamaha Lexi

Gejala Kecemasan Matematika dan Cara Mengatasinya

  Sabtu, 07 Juli 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi matematika. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Apakah kamu merasa gugup sebelum melakukan tes matematika? Atau, merasa lelah setiap kali dihadapkan pada persoalan hitung menghitung? Ini adalah gejala khas kecemasan matematika.

Dilansir dari Funfactz, kecemasan matematika merupakan sebuah fenomena yang membuat seseorang melakukan hal yang buruk pada saat mengerjakan tugas matematika padahal mereka memiliki potensi untuk bisa mengerjakan tugas tersebut dengan baik.

Para sarjana berpendapat bahwa ada hubungan yang kuat antara kecemasan dan kinerja matematika. Kadang-kadang kecemasan itu bahkan dapat menyebabkan seseorang menghindari matematika, yang justru malah memperburuk masalah.

Dalam sebuah penelitian, anak laki-laki berusia 13 tahun ditemukan memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi daripada anak perempuan pada usia yang sama, yang berarti bahwa anak perempuan mungkin lebih cenderung mengalami kecemasan matematika.

Jika kamu atau orang-orang sekitarmu mengalami kecemasan matematika, tak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh seorang penderita kecemasan matematika.

Sebelum tes matematika dimulai, cobalah melakukan peregangan dan bernapas dalam-dalam. Ini tidak hanya akan mengalihkan perhatian kamu dari kecemasan, tetapi juga menenangkan pikiran dan tubuh.

Cobalah untuk tidur malam yang nyenyak. Jika kamu sulit tidur, jangan memaksakan diri, cukup membaca buku atau menonton TV sampai kamu merasa cukup lelah untuk tertidur.

Hindari mengonsumsi kafein pada malam hari dan cobalah untuk tidak belajar terlalu larut. Tidur itu penting, kurang tidur juga dapat memengaruhi kinerja otak.

Jika kecemasan matematika mengganggu studi atau aktivitas kerja, cobalah berbicara dengan guru atau atasan untuk melihat dukungan apa yang dapat mereka tawarkan. Kamu tidak pernah tahu, mereka mungkin juga menghadapinya di masa lalu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar