Yamaha Mio S

Diselingkuhi Itu Sakit, Sembuhkan dengan Empat Cara Move On Ini

  Sabtu, 07 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Kepercayaan yang dikhianati itu menyakitkan. Mengetahui bahwa seseorang yang dicintai lebih memilih hidup bersama orang lain biasanya bakal membikin seseorang kesulitan untuk melangkah maju.

Sebenarnya, sejumlah cara bisa dilakukan untuk kembali membangkitkan semangat diri setelah dikhianati. Namun, tak semua cara berlaku sama bagi setiap orang. Sebab, setiap orang pasti punya cara memproses pengalaman menyedihkan yang berbeda satu sama lain.

Namun, satu hal yang paling bisa dilakukan adalah membuat proses penyembuhan sedikit lebih mudah. Berikut melansir Elite Daily, empat cara move on setelah diselingkuhi.

 

Sadari bahwa apa yang terjadi bukan salahmu

Perselingkuhan biasa terjadi karena adanya rasa tidak puas dari pasangan. Namun, bukan berarti hal itu membuatmu menyalahkan diri sendiri. Justru, kamu harus meyakinkan dirimu bahwa hal itu terjadi bukan karena ulahmu.

“Mereka (pasangan) mungkin tidak tahu bagaimana cara memberi tahu kamu bahwa mereka tidak merasa dihargai, dibutuhkan, atau dilihat,” ujar terapis pernikahan dan keluarga, Nicole Richardson.

Namun, terlepas dari permasalahan komunikasi ini, keputusan pasangan untuk berlaku curang dengan berselingkuh adalah tindakan yang salah.

Dapatkan penyebab perselingkuhan dan belajar dari sana

Tak disarankan untuk berlaku seolah-olah bahwa perselingkuhan itu adalah hal yang tak penting dan dibiarkan sambil lalu. Penting bagi kamu untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi dan mengapa hal itu bisa terjadi.

“Ada berbagai jenis kecurangan,” kata Richardson. “Emosional, seksual, atau kombinasi dari keduanya. Apa yang paling menyakitkan bagimu? Apa kamu ingin mempercayai pasanganmu lagi?”

Tak masalah jika kamu berpikir untuk tak mempercayai pasanganmu lagi dan memilih untuk meninggalkannya. Hanya saja, jangan sampai kamu kehilangan kepercayaan bahwa di luar sana masih banyak orang yang bisa dipercaya.

Keluarkan semua emosimu

Perselingkuhan bisa menimbulkan emosi diri yang parah. Jika kamu terluka, biarkan dirimu merasakan perpaduan emosi itu dan jangan dilawan. Bahkan, menangislah jika perlu dan cari dukungan dari orang-orang terdekat. Sedikit demi sedikit, rasa sakit itu akhirnya akan berkurang.

Maafkan mereka yang telah menyakitimu

Pertama, kamu perlu menyadari bahwa memaafkan dan melupakan adalah dua hal yang berbeda. Mungkin melupakan apa yang telah dilakukan pasanganmu adalah hal yang sulit. Namun, bukan berarti kamu tak bisa memaafkan mereka. Memaafkan kesalahan orang lain sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dirimu dari rasa sakit.

“Memaafkan bukan berarti kalian (kamu dan pasanganmu) harus tetap berjalan bersama. Tak apa jika kamu ingin meninggalkannya, tapi maafkanlah mereka,” ujar Richardson.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar