Yamaha Mio S

Alasan Obrolan Ringan Tak Jamin Bikin Orang Bahagia

  Jumat, 06 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Banyak yang berpikir bahwa obrolan ringan meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang. Namun, studi teranyar yang fokus pada hubungan kedalaman obrolan dengan tingkat kebahagiaan menunjukkan hal yang berbeda.

Melansir Medical Daily, bukan obrolan ringan yang bikin orang bahagia, melainkan obrolan mendalam, intim, dan berkualitas. Obrolan ringan justru tidak berhubungan dengan tingkat kebahagiaan.

Studi yang diterbitkan dalam Psychological Science ini fokus untuk menemukan hubungan antara kedalaman obrolan dan tingkat kebahagiaan. Dalam studi ini, obrolan ringan didefinisikan sebagai percakapan di mana dua individu masih belum banyak saling mengetahui satu sama lain.

Obrolan ringan jelas berbeda dengan obrolan mendalam. “Dalam percakapan mendalam, ada pertukaran informasi yang nyata dan bermakna,” ujar profesor psikologi University of Arizona, Matthias Mehl.

Namun, bukan berarti obrolan ringan tak diperlukan. Obrolan terkait hal-hal remeh-temeh itu diperlukan untuk memulai perbincangan sebelum obrolan intim berlangsung.

“Orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi dan terlibat dalam obrolan bermakna merasa lebih puas dan bahagia,” kata Mehl.

Dalam studi ini, sebanyak 500 orang diintervensi oleh alat perekam yang bertugas merekam interaksi sehari-hari mereka. Para peserta studi mencakup berbagai macam orang, baik introvert atau extrovert. Mereka juga menjawab pertanyaan survei yang menilai kepribadian dan mengukur kepuasan hidup mereka.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar