Yamaha NMax

KPU Kota Bandung: Rindu Raih Suara Terbanyak di Kota Bandung

  Kamis, 05 Juli 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok. (Eneng Reni/ayobandung)

GATOT SUBROTO, AYOBANDUNG.COM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pilgub Jabar di tingkat Kota Bandung. Hasilnya, pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapatkan perolehan suara terbanyak dengan mengantongi 656.090 suara. 

Sementara, Tb Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) memperoleh raihan suara paling 111.190 suara. Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) memperoleh raihan suara sebanyak 359.267 suara. Terakhir, pasangan calon nomor urut empat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mengantongi 153.323 suara.

"Kita sudah memperoleh hasil rekapitulasi final, yang unggul di Kota Bandung itu Paslon Pilgub nomor urut 1, yang kedua paslon nomor urut 3," ungkap Ketua KPU Kota Bandung, Rifqi Alimubarok usai memimpin rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara Pilgub Jabar, di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Kamis (5/7/2018).

Rifqi menyampaikan perolehan suara yang didapatkan Paslon Pilgub nomor urut 1 memperoleh suara sekitar 656.090 dari sekitar 1,3 juta pemilih.

"Perolehan suara paslon 1 ini sekitar 600.000-an suara dari 1,3 juta pemilih. Jadi sekitar 50% suara unggul," sambung Rifqi.

Rifqi mengatakan suara yang sah dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar di Kota Bandung sebanyak 1.279.870 suara dan suara tidak sah sebanyak 28.465. Sehingga, jika dikalkulasi, jumlah seluruh suara sah dan tidak sah dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar di Kota Bandung sebanyak 1.308.335 suara.

Ia menjelaskan lebih lanjut, angka partisipasi dalam pemilihan gubernur Jabar Kota Bandung ini berada di angka 76% dengan persentase pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya sekitar 24%.

"Karena Jumlah DPT Kota Bandung 1,6 juta, dan yang menggunakan hak pilih sekitar 1,3 juta berarti yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 300.000-an," paparnya.

Bahkan jika dibandingkan dengan pilkada lima tahun lalu, pilkada 2018 ini mengalami peningkatan sebesar 16%. Tingkat partisipasi lima tahun lalu hanya 60% dan 40% tidak menggunakan hak pilih. 

"Jadi ada kenaikan untuk partisipasinya 16%. Jadi ini pemilih golput menurun," tuturnya.

Rifqi pun menambahkan, hasil penghitungan suara Pilgub Jabar di Kota Bandung ini telah bersifat final dan telah disahkan dengan kesaksian dari seluruh Panwascam maupun semua saksi.

"Hasil rekapitulasi ini sudah fix. Sudah ditetapkan karena angkanya sudah clear dengan Panwas maupun dengan semua saksi. Sementara, jika ada sengketa atau tidak ada, ya kita lihat nanti karena sengketa Pilgub (diurus) di KPU Provinsi Jabar," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar