Yamaha NMax

Shopee Ikut Kembangkan UMKM Lokal Bersama Pemprov Jabar

  Rabu, 04 Juli 2018   Fathia Uqim
Direktur Shopee Indonesia, Handika Jahja. (Fathia Uqim/ayobandung)

PUSDAI, AYOBANDUNG.COM--Shopee berkomitmen mendukung wirausaha Indonesia dan UMKM dengan memberdayakan kemampuan wirausaha digital sebagai pendampingan lanjutan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Program pendampingan lanjutan ini diperkenalkan untuk mengembangkan wirausaha muda di Jawa Barat dengan tujuan menciptakan 100.000 wirausaha baru di tahun 2018. 

Direktur Shopee Indonesia, Handika Jahja, menandatangani nota kesepahaman pada kegiatan Festival Wirausaha Muda 2018 bersama Kepala Disperindag, Mohamad Arifin Soedjayana di Pusdai, Bandung, Rabu (4/7/2018). 

Handika menilai, wirausaha dan UMKM adalah tulang punggung ekonomi nasional Indonesia. Oleh sebab itu, penting sekali bagi Shopee untuk mengembangkan bisnis mereka secara daring. "Kehadiran Shopee di Indonesia bisa memberikan dampak nyata dalam mentransformasi Indonesia menjadi energi digital Asia tahun 2020," katanya. 

AYO BACA : bank bjb Dukung UMKM Kopi

Salah satu upaya Shopee dalam mendukung pemilik bisnis lokal adalah dengan pendampingan melalui program Kampus Shopee. Sejak diinisiasi pada tahun 2016, Kampus Shopee telah memberikan pendampingan kepada lebih dari 50.000 wirausaha dan pelaku industri UMKM di lebih dari 30 kota di Indonesia. "Kami merencanakan ke depannya angka ini terus bertambah," ujar Handhika. 

Bentuk nyata lain dari Shopee dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia adalah dengan adanya menu Kreasi Nusantara di halaman utama aplikasi. "Sejak peluncuran bulan Februari 2018 lalu, Kreasi Nusantara telah menunjukkan perkembangan yang signifikan," kata Handhika.

Pembelian produk lokal di Kreasi Nusantara meningkat hampir tiga kali lipat. Selain itu, lebih dari 1.000 produk lokal ditampilkan dan dikurasi setiap minggunya dalam berbagai kategori. Misalnya gaya etnik, karya lokal, kudapan asli Indonesia, dan semua produk yang memudahkan pengguna mencari barang yang diinginkan.

AYO BACA : Kang Uu: Bandara Kertajati Diharapkan Bermanfaat bagi UMKM

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar