Yamaha Mio S

Demam Tik Tok, dari Kreasi Yahya Basyir hingga Ketenaran Bowo

  Senin, 02 Juli 2018   Fathia Uqim
Tik Tok

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Sejak aplikasi Tik Tok viral di jagat maya, Yahya Basyir (11) mencoba bermain Tik Tok dan berkreasi dengan lagu serta gerakan yang membarenginya.

Saat itu, bulan Februari, Yahya baru saja duduk di kelas 6 SD, mencoba aplikasi Tik Tok. Sebelumnya dia pernah coba aplikasi Musically.

Musically dan Tik Tok pada dasarnya sama. Aplikasi ini membuat sebuah mahakarya dari lagu seseorang dengan berbagai mode dan efek.

Namun, kali ini efek Tik Tok semakin melesat, apalagi sejak mencuatnya seorang seleb Tik Tok yang dikenal dengan nama Bowo Alpenliebe.

Bowo diduga menggelar “Meet and Greet” bersama para fans. Tentu ada kocek yang dikeluarkan untuk bisa bergabung di acara meet and greet yang hanya dibatasi 30 orang.  

Dalam waktu dekat, Bowo akan menggelar acara di XXI Graha Cijantung Jakarta Timur dengan kocek Rp80.000.

Tanggal 5 Juli 2018 nanti, Bowo bersama Alfa Subagio, seorang seleb Musically, mengadakan Meet and Greet di Cengkareng dengan kocek Rp85.000.

Bahkan sebelumnya, pada 30 Juni 2018 lalu, Bowo dan Alfa Subagio sudah lebih dulu menggelar “Meet and Greet” dengan harga Rp100.000 di sebuah kafe di Jakarta.

Bowo dengan nama asli Prabowo Mdr, konon baru saja kembali memegang akunnya setelah melalui masa tidak aktif akibat diretas oleh oknum.

Pengumuman tersebut diketahui lewat unggahan cerita di akunnya yang sudah mencapai 285.000 pengikut.

Tentu Yahya mengenal sosok Bowo, sorang seleb Tik Tok yang katanya punya modal ganteng. Sulit untuk menjadi seleb Tik Tok seperti Bowo, kata Yahya. Sebab, harus memiliki kemampuan Tiktok yang mumpuni dan berwajah ganteng.

“Sebenarnya Tik Tok itu bikin jadi pengikut nambah, cuman ya susah. Pengikut Instagram aku dari 370 menuju 400 aja harus beberapa bulan. Soalnya ya harus bagus dan ganteng sih, biasanya,” kata Yahya kepada ayobandung.com, Senin (2/7/2018).

Sebelum menggunakan Tik Tok, Yahya sudah lebih dulu menggunakan aplikasi Musically, sehingga tidak susah untuk beradaptasi menggunakan Tik Tok.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Yahya mengaku akan menonton tutorial di Youtube cara bermain Tik Tok atau Musically.

“Misalnya tutorial transisi, mode, slow mo, dan lain-lain,” katanya.

Bermain Tik Tok tak semudah yang dibayangkan. Supaya menggaet banyak penonton dan rela menekan tombol Follow, video harus "niat" dan kreatif.

Yahya menjelaskan ada transisi yang biasanya digunakan secara kreatif. Pencarian lagu yang bagus, pemilihan mode, dan efek slow motion di akhir video adalah tahapan yang lazim digunakan oleh para seleb Tik Tok. Butuh beberapa waktu untuk bisa pas dan sesuai dengan lagu dan mulut sang pemain.

“Biasanya yang viral itu lagu Inggris, tapi sekarang kebanyakan orang cuman pakai lagu biasa, joget-joget biasa, enggak pakai mode, eh viral,” ujarnya.

Biasanya, para seleb Tik Tok yang berusia remaja menggunakan kreativitas yang lebih, bukan sekadar merekam video ibarat lip sync di sebuah aplikasi. Kenyataannya, para seleb Tiktok yang didominasi pelajar SMP-SMA ini punya unggahan video yang menarik, pas, dan rumit di Instagramnya.

“Kita cari lagu bagus, kemudian diklik, dibuat videonya, pilih mode cepat atau lambat, atau mau normal. Pakai transisi kalau misalnya di tengah lagu ada yang nge-beat gitu, kemudian pakai efek slow mo di akhir,”jelas Yahya.

Namun, sejak Tik Tok dikenal dengan nama “Aplikasi Goblok”, jika dicari dalam pencarian Google Playstore, Yahya pun berhenti dari permainan ini. Tidak sedikit teman-teman di luar yang melecehkannya dengan sebutan anak Tik Tok atau anak alay.

“Sebelum Ramadan, aku berhenti main Tik Tok. Takut di-bully lagi dibilang anak Tik Tok,” katanya.

Apalagi sejak hadirnya akun unggahan ulang seperti Tik Tok Official di Instagram yang memiliki jutaan pengikut. Para pemain Tik Tok yang berhasil diunggah ulang videonya ke  akun tersebut lantas bisa mendapatkan kesempatan namanya mencuat di jagat Instagram. Tak lama, tawaran iklan online shop pun bermunculan.

“Lebih banyak enggak manfaat sih. Apalagi di Instagram yang suka repost video kebanyakan perempuan yang memamerkan tubuh, bukan lagi video bagus. Positifnya ya kalau udah jadi seleb Tik Tok jadi dapat uang,” ujarnya.

Diketahui, jika seseorang sudah menjadi seleb Tik Tok, biasanya pihak Tik Tok akan mengundang mereka ke acara besar di Senayan, Jakarta.

Kemudian pihak tiktok akan mengundang seleb yang sering menggunakan Tik Tok, seperti artis dari luar negeri Niana Guerrero yang  telah mendulang 4,5 juta pengikut.  

Di sana perkumpulan akbar pemain Tik Tok yang sudah mengantungi banyak pengikut akan dipersatukan dan dibuat acara kebersamaannya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar