Yamaha NMax

Panwaslu Kota Bandung Nyaris Temukan Pelaku Kampanye di Hari Pencoblosan

  Kamis, 28 Juni 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi. (Satrio)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM--Selama Pilkada Serentak 2018 di Kota Bandung, Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu), Kota Bandung menerima laporan adanya kampanye pada saat hari H pencoblosan di sekitaran TPS 044, Kecamatan Coblong. Kelurahan Dago, Rabu (27/6/2018).

Koordinator Divisi Penanganan dan Pelanggaran Panwaslu Kota Bandung, Zaky M. Zam Zam menyebutkan, penyebaran selebaran kampanye itu berupa dami atau yang menyerupai surat suara dari salah satu paslon Pilwalkot Bandung dan Pilgub Jabar. 

Adapun setelah menerima laporan, Panwaslu Kota Bandung Kata Zaky, langsung bergerak cepat dan berkoordinasi dengan PTPS setempat, serta kepolisian untuk mencari pelaku penyebaran kampanye. 

"Kampanyenya itu tepat di hari H. Jadi selebarannya itu ada Pilwalkotnya sama Pilgubnya. Satu paket. Dan dengan jelas disebutkan, kampanye di Hari H pencoblosan sudah termasuk dalam dugaan pelanggaran pidana pemilu," ungkap Zaki saat ditemui ayobandung.com di Kantornya, Kamis (28/6/2018).

Namun, nahas, selama pencarian pelaku penyebar selebaran kampanye tidak ditemukan. Pencarian itu pun dijelaskan dia tidak bisa berlanjut, lantaran sebuah dugaan pelanggaran pemilu harus memenuhi asas adanya barang bukti, pelapor, dan terlapor.

"Barang bukti ada, selebaran itu. Tapi pelakunya tidak ada ditemukan. Sedangkan untuk memproses laporan harus ada terlapor, tapi ini tidak ditemukan siapa yang melakukan kampanye tersebut. Makanya kami tidak bisa melanjutkan," tuturnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar