Yamaha Mio S

Enam Manfaat Rutin Melakukan Hubungan Seks

  Kamis, 28 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Seks bukan cuma soal berahi. Lebih dari itu, seks berkaitan dengan kesehatan manusia, baik fisik ataupun psikis.

Sejumlah peneliti dan terapis seks terus memberikan informasi soal manfaat seks yang dilakukan secara rutin. Jelas ada alasan untuk itu. Seks menyebabkan perubahan fisiologis yang positif.

Berikut melansir Huffington Post, sejumlah manfaat dari hubungan intim untuk tubuh dan otak.

 

Seks dapat memperpanjang harapan hidup

Melakukan hubungan seks secara teratur dapat meningkatkan rentang hidup. “Setiap kali Anda mencapai orgasme, tubuh Anda melepaskan DHEA,” ujar seksolog klinis, Sunny Rodgers. DHEA adalah hormon yang dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kognisi, menjaga kulit tetap sehat, dan membantu seseorang terlihat lebih muda.

Seks meningkatkan kesehatan psikis

Biasanya kekhawatiran seseorang akan berkurang dengan berhubungan seks. Seks memang punya kemampuan untuk menurunkan rasa cemas dan menjadi alat relaksasi paling sempurna.

Manfaat seks ini disebabkan oleh bahan kimia yang dikeluarkan di dalam otak saat berhubungan seks. “Endorfin adalah neurotransmiter yang terkait dengan perasaan bahagia, yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan dan melawan depresi,” jelas Rodgers.

Seks meningkatkan keintiman dengan pasangan

Sentuhan fisik paling tokcer meningkatkan keintiman sepasang suami istri. “Berhubungan seks melepaskan oksitosin, hormon pengikat, di mana Anda akan merasa lebih terhubung dengan pasangan,” ujar terapis seks, Laurie Watson.

Sebuah studi di tahun 2017 menyebutkan bahwa manfaat keintiman itu akan berlangsung selama sekitar 48 jam setelah berhubungan seks.

Seks adalah obat yang baik

Hubungan seks yang dilakukan secara rutin dapat membantu kesehatan fisik seseorang dengan berbagai cara. Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Boston University mengatakan bahwa ejakulasi dapat menurunkan risiko kanker prostat. “Hal itu membuat seks menjadi pilihan yang sehat bagi pria dewasa,” kata Rodgers.

Selain itu, orgasme juga menghasilkan oksitosin, yang berfungsi sebagai pereda nyeri alami dan dapat membantu mengurangi sakit kepala serta nyeri otot.

Seks membantu membakar kalori

Sepasang suami istri membakar sekitar 100 kalori setiap kali mereka berhubungan seks. Jika sepasang suami istri berhubungan seks sekitar tiga kali dalam sepekan, artinya mereka membakar lebih dari 15.000 kalori per tahun tanpa perlu mengunjungi pusat-pusat kebugaran.

Seks adalah penghilang stres yang baik

Secara khusus, orgasme dapat melepaskan banyak ketegangan di seluruh tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLOS One Journal menemukan bahwa berhubungan seks setiap hari selama dua pekan dapat menyebabkan pertumbuhan sel di hippocampus, bagian otak yang mengatur suasana hati. Ada juga bukti bahwa perasaan intim dengan pasangan dapat menangkal stres dengan mengurangi kadar kortisol atawa si hormon stres.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar