Yamaha Lexi

Tujuh Pose Yoga untuk Pemula

  Kamis, 28 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi yoga. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Belakangan yoga tengah menjamur di masyarakat. Yoga menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat zaman kiwari yang tak terelakkan.

Namun, melakoni yoga bukanlah hal yang mudah. Diperlukan konsentrasi penuh agar yoga berjalan sempurna.

Ada beberapa pose dasar yoga yang pas untuk dicontoh para pemula. Berikut melansir Daily Burn beberapa pose dasar yoga rekomendasi instruktur yoga profesional, Mandy Ingber:

 

Mountain Pose (Tadasana)

Pose ini merupakan ibu dari semua pose yoga. Sikap dua kaki ini adalah fondasi bagi banyak posisi lain yang membutuhkan kesadaran dan keseimbangan. “Melalui pose inilah seseorang menemukan keselarasan dan bentuk yang tepat untuk gerakan tambahan,” kata Ingber.

Berdirilah dengan kaki bersama kedua lengan diangkat ke atas. Tegakkan kaki, pastikan untuk menekan keempat sudut ke tanah. Selanjutnya, luruskan kaki, lalu selipkan tulang ekor saat kamu menarik otot paha. Taris napas dan buang.

Child’s Pose (Balasana)

Pose ini sederhana dalam desain. Pose ini juga mudah membuat sistem saraf lebih rileks. Tapi, informasi bagi kamu yang bermasalah dengan lutut. Lakukan pose ini dengan sangat hati-hati.

Mulailah dengan posisi berlutuh dengan jari-jari kaki terselip ke bawah. Turunkan bagian pantat ke arah kaki saat kamu meregangkan tubuh bagian atas ke depan dan ke bawah dengan tangan terentang. Perut harus nyaman beristirahat di paha, dengan dahi yang menyentuh matras.

Cat/Cow Pose

Pose ini adalah cara terbaik untuk menghangatkan punggung. Berposelah seperti binatang layaknya kucing dan sapi dengan kepala menghadap ke bawah. Pose ini membantu mengatasi mobilitas.

Mulainya dengan tangan dan lutut menempel di lantai. Ambil napas besar, lalu, saat kamu mengeluarkan napas, angkat bagian punggung dan letakkan dagu ke arah dada. Pada napas berikutnya, lengkungkan punggung dan buat perutmu rileks. Angkat kepala dan tulang ekor ke atas, berhati-batilah agar tidak menekan leher dengan bergerak terlalu cepat dan dalam.

Downward Facing Dog Pose

Ini adalah salah satu pose yang paling umum. Pose ini juga merupakan cara terbaik untuk meregangkan punggung, bahu, lengan, dan paha belakang. Selain itu, pose ini bisa membuatmu tenang dan terpusat.

Bentuklah pose seperti binatang, tapi lebih regang hingga bagian tulang belakang melengkung. Simpan telapak tangan di bawah. Lutut harus berada di bawah pinggul. Angkat pinggul dan tekan hingga membentuk posisi V terbalik.

Warrior I

Pose ini dilakukan untuk memperkuat kaki dan membuka pinggul serta dada. Dengan latihan ini, kamu juga akan mengalami peningkatan konsentrasi dan keseimbangan.

Mulailah dengan mountain pose sebagaimana yang tadi telah dijelaskan. Saat mengembuskan napas, langkahkan kaki kiri ke belakang sekitar empat kaki. Angkat lengan ke atas, dan putar kaki kiri sekitar 90 derajat. Sejajarkan tumit kiri tegak luru dengan tumit kanan. Bentangkan dada dan tarik bahu ke belakang.

Warrior II

Mirip dengan Warrior I, pose ini hanya menawarkan sedikit variasi, dengan tubuh bagian atas yang berputar ke samping dan tidak menghadap ke depan.

Mulailah dengan pose gunung. Embuskan napas dan langkahkan kaki kiri ke belakang sekitar empat kaki. Putar telapak kaki 90 derajat ke belakang. Angkat dan rentangkan lengan sejajar dengan bahu. Tekuklah lutut bagian depan.

Corpse Pose

Pose berbaring ini mungkin terkesan biasa-biasa saja. Padahal ini adalah salah satu pose paling meditatif. Pose ini menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan menciptakan suasana santai.

Berbaringlah dengan santai. Simpan kedua lengan di samping tubuh, tetapi sedikit terpisah dengan telapak tangan menghadap ke atas. Buat tubuh rileks, termasuk juga wajah. Diam selama 30 detik hingga lima atau sepuluh menit.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar