Yamaha Mio S

Virus Polio Digunakan untuk Melawan Sel Kanker Otak

  Rabu, 27 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Salah satu virus yang paling ditakuti di duni telah berubah menjadi pengobatan untuk melawan kanker otak yang mematikan. Pasien tumor otak bisa mengharapkan hidup yang lebih baik dari virus polio yang dimodifikasi secara genetik.

Melansir Circa, ini merupakan tes pada manusia pertama dari pengobatan dengan virus polio. Meski tidak membantu kebanyakan pasien, tapi virus polio tampaknya memberikan manfaat jangka panjang. Penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine ini menyebutkan bahwa di antara 61 pasien kanker otak yang meneripa terapi eksperimental, 21% di antaranya bertahan hidup selama tiga tahun lebih lama.

“Ini benar-benar langkah pertama. Para dokter bersemangat untuk melihat manfaat kelangsungan hidup pasien. Tapi dari sini masih diperlukan uji coba baru lagi,” ujar seorang peneliti, dr Annick Desjardins dari Duke University School of Medicine.

Tumor otak yang disebut juga glioblastoma kerap kambuh setelah perawatan awal. Obat-obatan imunoterapi seperti Keytruda membantu melawan beberapa kanker yang menyebar ke otak, tapi belum berfungsi dengan baik.

Dalam beberapa pekan ke depan, para peneliti akan memulai uji klinis pada pasien dengan kanker kulit melanoma dan kanker payudara. “Kami didorong dan bersemangat untuk melanjutkan studi tambahan yang sudah dilakukan atau direncanakan,” ujar dr Darell D Bigner.

Penelitian ini merupakan kolaborasi 18 tahun dengan National Cancer Institute dan US Food and Drug Administration. Hasil uji keamanan secara bersamaan dipresentasikan pada Konferensi Internasional ke-22 tentang Penelitian dan Terapi Tumor Otak di Norwegia, Selasa waktu setempat.

Penelitian ini merupakan kolaborasi 18 tahun dengan National Cancer Institute dan US Food and Drug Administration. Hasil uji keamanan secara bersamaan disajikan pada hari Selasa pada Konferensi Internasional ke-22 tentang Penelitian dan Terapi Tumor Otak di Norwegia dan diterbitkan di New England Journal of Medicine.

Virus polio disebutkan dapat menempel pada reseptor di permukaan sel kanker otak, serta permukaan sel yang membentuk tumor paling padat.

“Strategi kami tidak dimulai dengan niat menggunakan virus polio. Sebaliknya, dr Gromeier membuat serangkaian pengamatan penelitian selama bertahun-tahun,” ujar Desjardins.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar