Yamaha Mio S

Exodos57, Sepatu Asal Kota Bandung yang Dipakai Presiden Jokowi

  Selasa, 26 Juni 2018   Fathia Uqim
Sepatu Exodos57. (Fathia Uqim/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Tepat pada hari Sumpah Pemuda tahun 2017, pemilik sepatu merek lokal Exodos57 diundang ke Istana Bogor untuk memperingati hari Sumpah Pemuda. Lain dari biasanya, Presiden Joko Widodo menyemarakkan hari tersebut dengan memanggil sejumlah merek lokal dari anak bangsa.

Yudo Septianto Panji (28), lelaki yang membidani lahirnya Exodos57 mengaku senang dan bangga karena apresiasi presiden terhadap sepatu buatannya. Dia memboyong beberapa sepatu khas Exodos yaitu sneaker berbahan kulit dengan sentuhan tenun yang membuat Jokowi jatuh hati dan memesannya.

“Karena ternyata ukuran sepatu Pak Jokowi lebih dari 43, sedangkan kita tidak memiliki ukuran sepatu bapak, jadinya beliau pre-order dan kami kirim sepatunya setelah sepatu ukuran beliau selesai dibuat,” kata Yudo kepada ayobandung.com belum lama ini.

Exodos57 lahir untuk memberikan tren dan warna baru dalam memenuhi gaya hidup dan fesyen anak muda. Produk Exodos57 pun tidak ingin meninggalkan bahan-bahan lokal seperti bahan kulit yang dipesan dari Jawa Timur, sentuhan tenun khas Flores, serta buatan tangan produksinya di Buah Batu.

Sneaker berbahan kulit adalah pokok utama dari sepatu Exodos57. Target utamanya adalah kalangan usia 25 hingga 40 tahun. Sepatu buatan tangan ini memiliki 12 tipe sepatu yang mendukung gaya anak muda gaul, acara resmi, hingga sepatu untuk dibawa ke ranah olahraga ekstrem.

“Kita memang fokus pada sneakers kulit, tapi kita juga menyediakan sneakers kanvas, suede, dan sentuhan tenun,” katanya.

Ide Yudo ini diawali dari rasa iseng dan hanya seru-seruan semata. Namun, tidak disangka, dalam perjalanannya banyak peminatnya hingga membuat Yudo kewalahan menerima pesanan.

Setiap bulan, Exodos57 hanya mampu membuat 500 sepatu. Tentu jumlah tersebut masih kurang untuk memenuhi permintaan pasar. Oleh sebab itu, pembeli harus rela menunggu dengan sistem pre-order.

“Dalam sebulan, pemesan bisa mencapai 1000 sepatu, dan kita enggak bisa menyanggupi karena sepatu kita handmade dan hanya dapat membuat dalam jumlah yang terbatas,” kata lelaki asal Sulawesi itu.

Sepatu ini memang untuk laki-laki, tetapi tidak menutup kemungkinan jika perempuan ingin membeli sepatu tersebut. Karena Exodos57 menyediakan ukuran sepatu dimulai dari nomor 39.

Harga sepatu Exodos57 berada di kisaran Rp500.000 sampai Rp700.000. Beda bagi sneakers berbahan kanvas, Yudo membanderol dengan harga Rp300.000.

Merek yang dibangun sejak 2016 ini memiliki beberapa tempat penjualan. Selain di Wayout Shelter Buah Batu Bandung, sepatu Exodos57 dapat ditemukan di beberapa toko di Jakarta dan Palu. Tidak ketinggalan zaman, Exodos57 pun menerima pemesanan melalui daring.

Akibat kualitas dan material penuh berbahan lokal ini, Exodos57 tak hanya diundang oleh Presiden Jokowi. Ketekunannya membawa Exodos57 diundang ke pameran Custome Culture Yokohama 2017 di Jepang dan Bekraf dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

“Exodos itu berasal dari bahasa Yunani yang artinya jalan keluar. Jadi sepatu ini dapat menjadi jalan keluar bagi orang-orang yang ingin tampil gaya namun tetap ramah di kantong dengan kualitas lokal terbaik,” ungkap Yudo.

Rencananya, Yudo akan membuat sneakers untuk pangsa pasar mahasiswa. Meskipun Yudo menilai mahasiswa saat ini pun sudah banyak yang membeli sepatu Exodos, dia tetap akan mengeluarkan desain sepatu terbaru supaya mahasiswa tetap tampil keren ke kampus.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar