Yamaha Mio S

27 Juli, Planet Mars Berada di Titik Terdekat dari Bumi

  Selasa, 26 Juni 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi Planet Bumi dan Planet Mars. (nasa.gov)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Planet Mars akan berada pada posisi terdekatnya dengan bumi dalam 15 tahun terakhir pada 27 Juli 2018.

Planet Mars akan mendekati Bumi setiap 26 bulan sekali. Saat mendekat, orbit Mars dan Bumi saling tegak lurus di sekitaran matahari. 

Terakhir kali jarak Mars sangat dekat dengan Bumi terjadi di tahun 2003. Saat itu, Mars hanya berjarak 55,7 juta kilometer dari Bumi. Fakta tersebut merupakan pencapaian rekor untuk pertama kalinya selama 60.000 tahun. 

Seorang ahli astronomi di Cicinatti Obsevatory, Dean Regas mengatakan, pada 27 Juli 2018, jarak Mars dengan Bumi diperkirakan akan memiliki pencapaian rekor yang sama dengan tahun 2003.

"Sangat dekat, Anda jadi bisa melihat Mars hanya dengan mata telanjang," kata Regas. “Anda pasti sangat senang melihatnya. Planet merah tersebut sangat indah untuk dipandang," tambahnya. 

Sementara itu, menurut Badan Luar Angkasa Amerika Serikat atau NASA, puncak kedekatan Mars dengan Bumi akan terjadi pada malam hari tanggal 31 Juli 2018. Pada tanggal tersebut, Mars diperkirakan hanya berjarak 35,8 juta mil. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar