Yamaha NMax

Sensasi Segarnya Es Cendol Gentong Alkateri yang Bikin Ketagihan

  Minggu, 24 Juni 2018   Fathia Uqim
Es Cendol Gentong Alkateri. (Fathia Uqim/ayobandung)

ALKATERI,AYOBANDUNG.COM--Es cendol adalah minuman khas tradisional Sunda. Identik dengan warna hijau, kenyal, dipadu dengan santan dan gula merah. Rasanya yang segar, apalagi jika ditambah nangka dapat meluluhkan dahaga. 

Namun cendol yang satu ini berbeda. Es Cendol Gentong yang terletak di Jalan Alkateri ini, punya ciri khas tersendiri. Warna cendolnya putih, memakai gula aren, dan cendolnya disimpan di dalam gentong. 

Asep Nurdin (47) sudah berjualan es cendol gentong sejak 1994. Setiap hari es cendolnya ludes dijual hingga 200 gelas. 

"Es cendol ini perbedannya dari bahannya yaitu sagu, kalau cendol lain dicampur tepung terigu," kata Asep, kepada ayobandung, Minggu (24/6/2018). 

Keunggulan lain adalah terletak pada gula. Asep masih menggunakan gula aren sebagai pemanis asli untuk minumannya. 

Keunikan es cendol gentong adalah tempat penyimpanan cendol yang benar-benar di dalam sebuah gentong. Asep menilai, gentong dapat memberikan rasa dingin lebih lama disebabkan  es batu menjadi tidak mudah mencair. 

"Jadi es batu ini bisa tahan sampai sore," ujarnya. 

Cendol putih yang sudah tercampur santan dimasukkan dengan es batu ke dalam gentong yang dilapisi plastik. Kemudian cairan gula aren dimasukkan setelah es cendol dituangkan ke dalam gelas. 

Salah seorang pembeli, Taufik Hidayat (23) mengaku kerap membeli es cendol apalagi saat akhir pekan tiba. Biasanya, sambil memesan sarapan, es cendol jadi minuman penutup untuk menyegarkan kerongkongan. 

"Cendolnya beda dari yang lain dan tanpa bahan yang aneh-aneh, jadi sering banget langganan ke sini tiap Minggu," katanya. 

Harga es cendol gentong ini hanya Rp6.000. Setiap hari Asep berjualan dari pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Cukup mudah menemukan lokasi es cendol gentong milik Asep. Tengok saja lokasi Lotek Alkateri legendaris dan di situ lah gerobak Es Cendol Gentong Asep bertengger. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar