Yamaha Mio S

7 Cara Menakjubkan Turunkan Berat Badan Setelah Usia 40 Tahun

  Kamis, 21 Juni 2018   Adi Ginanjar Maulana
Berolahraga salah satu kegiatan yang dapat menurunkan badan di usia 40 tahun.(Pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Pada usia 40 tahun, kebanyakan orang akan memiliki pengalaman hidup yang cukup untuk mendapatkan pelajaran berharga.

Bahkan soal kesehatan, pada usia 40 tahun, sebagian besar orang akan menyadari bagaimana tubuh bekerja serta apa yang sehat dan tidak.

Seiring bertambahnya umur, tingkat metabolisme dan kekebalan menurun. Hal ini memungkinkan seseorang mengalami sejumlah gangguan yang berkaitan dengan usia.

Selain itu, menurunkan berat badan setelah 40 tahun bisa menjadi sangat menantang. Sebab tingkat metabolisme lebih lambat.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan setelah 40 tahun dalam waktu singkat seperti dilansir Boldsky, Kamis (21/6/2018):

1. Pahami Fakta

Pertama-tama, jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat di usia 40-an, maka harus memahami fakta pada tubuh. Sebab, berbagai fluktuasi hormon dan fungsi metabolisme tak memandang jenis kelamin. Jadi, sangat mudah bagi orang untuk menambah berat badan pada usia ini, tetapi bisa sangat sulit untuk kehilangannya.

2. Konsumsi Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Jika Anda rewel makan buah dan sayuran saat muda, hal tersebut jangan terulang di usia 40-an.

Pada usia 40-an orang harus mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Sebab, nutrisi dan antioksidan dalam buah dan sayuran dapat menstabilkan fluktuasi hormon dan meningkatkan tingkat metabolisme sampai batas tertentu.

3. Makan Lebih Sedikit

Ketika mulai menua dan mencapai usia 40-an, Anda disarankan mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi (meskipun makanan sehat), tapi tetap pastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi. Dengan cara ini, jumlah kalori yang masuk ke tubuh akan berkurang, sehingga membantu menurunkan berat badan.

4. Masak di Rumah

Metabolisme tubuh akan lebih cepat selama masa muda. Jadi, saat muda, makan banyak tidak akan meningkatkan berat badan kita secara signifikan.

Pada usia 40 tahun metabolisme berjalan lambat, mengonsumsi junk food dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Solusinya, makan makanan sehat di rumah. Sebab ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Ini adalah aturan umum untuk menurunkan berat badan. Namun, orang-orang di usia 40 mungkin cenderung sering melewatkan sarapan, karena mereka begitu sibuk mengurus anak-anak untuk sekolah, memasak, bersiap-siap untuk bekerja, dan lainnya.

Mereka harus melakukan banyak tugas, sehingga sulit menemukan waktu untuk sarapan sehat. Namun, sesibuk apapun jangan lewatkan sarapan, sebab melewatkan sarapan lebih memperlambat laju metabolisme dan mencegah penurunan berat badan.

6. Kurangi Asupan Alkohol

Jika Anda mengonsumsi banyak alkohol, berat badan Anda akan naik. Sebab, metabolisme lebih lambat. Selain itu, alkohol juga buruk bagi kesehatan secara umum.

7. Cari Waktu untuk Berolahraga

Pada usia 40, Anda mungkin memiliki banyak tanggung jawab dalam hidup seperti pekerjaan yang sibuk, keluarga, anak-anak, dan lainnya. Anda mungkin tidak menemukan cukup waktu untuk berolahraga. Namun, buatlah pikiran Anda untuk berolahraga setidaknya 40 menit setiap hari.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar