Yamaha Lexi

Ratusan Ribu Kendaraan Belum Lintasi Nagreg, Polres Bandung Berlakukan One Way

  Rabu, 20 Juni 2018   Dadi Haryadi
Ilustrasi mudik. (Satrio Iman/ayobandung)

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM—Jajaran kepolisian bersiap menghadapi puncak arus balik yang akan melintasi jalur selatan. Salah satunya dengan menerapkan sistem satu arah. Pasalnya, ada 300.000 kendaraan yang belum melintasi jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, sebagai salah satu jalur rawan macet.

“Ada 300.000 kendaraan yang belum melintasi Nagreg dan 30.000 kendaraan yang belum masuk ke Tol Cileunyi,” ujar Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan di Pos Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (20/6/2018).

Sebelum terjadi kemacetan total, Polres Bandung bakal memberlakukan sistem one way dari arah Garut dan Tasikmalaya hingga Bandung. Jalur satu arah itu akan dimulai dari Limbangan, Sasak Beusi, hingga Cikaledong. Cara ini dilakukan untuk mengurai kemacetan, khususnya di wilayah Gentong, Kabupaten Tasikmalaya.

Melihat jalur selatan yang sangat padat, Indra memperkirakan, pemudik akan memilih jalur utara atau melalui Tol Cipali. Kedua jalur tersebut juga menerapkan sistem satu arah.

"Sudah tiga hari kami lakukan (sistem satu arah). Terlebih karena masih masa libur sampai Minggu. Besok, kan, PNS masuk, sedangkan pekerja swasta masuk Senin sehingga pasti terbagi dua," jelas Indra.

Tak hanya itu. Penguraian kemacetan juga dilakukan oleh pihak Jasa Marga dengan menambah gardu Tol Cileunyi dari enam menjadi delapan. Terdapat pula mobile gate demi memudahkan pengendara dalam melakukan pembayaran.

Lebih lanjut dia menjelaskan Jasa Marga menambah gate di Tol Cileunyi dari 6 gate menjadi 8 gate. Terdapat pula mobile gate demi memudahkan pengendara dalam melakukan pembayaran.

"Kalau ada antrean panjang, akan dipakai mobile gate yang langsung mengetuk pintu para pengendara," ujar Indra.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar