Yamaha Mio S

Piala Dunia 2108: Polandia vs Senegal, Adu Tajam Striker

  Selasa, 19 Juni 2018   Andres Fatubun
Polandia vs Senegal. (youtube)

MOSKWA, AYOBANDUNG.COM--Polandia yang berada di peringkat delapan FIFA akan menghadapi perlawanan Senegal (27) di babak penyisihan Grup H di Stadion Spartak pada Selasa (19/6/2018) pukul 22.00 WIB. Laga ini merupakan pertandingan terakhir putaran pertama Piala Dunia 2018.

Polandia adalah salah satu negara sepak bola kuat di Eropa, tapi miskin gelar. Dari 21 kali penyelenggaraan Piala Dunia, Polandia baru tujuh kali ikut serta. Partisipasinya terakhir kali pada Piala Dunia 2006 di Jerman dan tidak lolos dari babak penyisihan grup. Sedangkan prestasi terbaiknya adalah menyabet peringkat tiga di Piala Dunia 1972 dan 1982.

Di Piala Dunia 2018, Polandia memiliki kans untuk mengulang prestasi di tahun 1970-an berbekal sejumlah pemain bintangnya yang relatif masih muda. Salah satunya adalah Arkadiusz Milik yang bermain di Napoli. Pemain berusia 24 tahun memiliki kemampuan tinggi sebagai striker. Sejumlah pengamat sepak bola menyatakan ia akan menyita perhatian sejumlah pelatih dunia.

Selain Milik, masih ada pemain yang berperan sentral yaitu penjaga gawang. Polandia dikarunia dua penjaga gawang yang mumpuni yaitu Wojciech Szczesny and Lukasz Fabianski. Szczesny yang dijual Arsenal ke Juventus diproyeksikan menjadi pengganti Gianluiggi Buffon. Ia tercatat sebagai penjaga gawang tercepat yang meraih 10 kali clean sheet di Liga Utama Italia. 

Sama halnya Ronaldo di Portugal, Polandia pun punya jimat pada diri Robert Lewandowski. Pemain yang membela Bayern Muenchen tersebut mencetak 16 gol selama babak kualifikasi atau yang paling banyak sedunia. Lewandowski mencetak lebih dari separuh gol Polandia selama babak tersebut.

Sementara lawannya Senegal baru sekali merasakan putaran final Piala Dunia. Meski baru sekali, prestasinya tak tanggung-tanggung yaitu mencapai babak perempat final di Piala Dunia 2002. Saat itu, Senegal kalah tipis dari Turki dengan skor 0-1.

Skuat Senegal di Rusia merupakan gabungan dari pemain yang kenyang makan garam di liga-liga Eropa dengan talenta muda yang bermain di liga domestik. Pemain bintangnya antara lain Sadio Mane (Liverpool), Kalidou Koulibaly (Napoli), dan Keita Balde Diao (Monaco).

Meski Mane tidak menonjol selama babak kualifikasi, tapi memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi timnya Liverpool. Bersama Roberto Firmino dan Mo Salah, dia sukses mengantarkan The Reds hingga babak final Liga Champions dan mendudukkan Liverpool di posisi empat Liga Utama Inggris.

Mane kemungkinan besar akan diduetkan dengan striker lainnya Keita Balde Diao. Pemain yang membela AS Monaco ini diprediksi menjadi pemain bintang bagi timnya. Diao yang masih berusia 22 tahun memiliki kecepatan dan akurasi tinggi.

Sementara Koulibaly merupakan palang pintu tangguh. Ia menjadi korban saat negaranya dikalahkan Afrika Selatan di pertandingan babak kualifikasi. Koulibaly diharapkan menjadi pengawal striker maut Polandia Lewandowski. 

Perkiraan susunan pemain
Polandia: Szczesny, Piszczek, Bednarek, Pazdan, Rybus, Krychowiak, Linetty, Blaszczykowski, Zielinski, Grosicki, Lewandowski.
Senegal: Diaye, Wague, Koulibaly, Sane, Sabaly, Gueye, Kouyate, Diaye, Mane, Sakho, Konate.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar