Yamaha Lexi

H+3 Lebaran, Jalur Selatan Bandung-Tasik Kian Padat

  Senin, 18 Juni 2018   Hengky Sulaksono
Sejumlah kendaraan terjebak di Jalur Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (18/6). (Hengky Sulaksono/AyoMedia)

GENTONG, AYOBANDUNG.COM—Lalu lintas kendaraan di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya kian sesak dipadati kendaraan pada H+3 Lebaran atau Senin (17/6/2018) sore. Para pemudik yang melakoni arus balik dari arah timur menuju barat memadati jalan raya.

Situasi tersebut membuat kemacetan parah tak terhindarkan. Pantauan di lokasi, ekor kemacetan di Jalur Gentong telah sampai hingga pertigaan Rajapolah-Cihaurbeuti. Sesekali kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Garut dan Bandung bisa bergerak, namun lebih sering tersendat bahkan berhenti sama sekali, terkhusus kendaraan roda empat dan lebih.

Sumbu dan ekor kemacetan di Jalur Gentong ini mencapai puluhan kilometer. Walau demikian, arus kendaraan tidak lumpuh total sebab kepolisian juga telah memberlakukan sistem satu arah untuk mengantisipasi penumpukan.

Salah seorang pengendara asal Banjar, Eki Kusmawan (46), mengatakan jika dirinya telah terjebak macet selama kurang lebih dua jam di kawasan Rajapolah dan Ciawi. Eki yang hendak bertolak ke Jakarta telah melakukan perjalanan dari Banjar sejak pukul 15.30 WIB.

"Tadi juga beberapa kali udah kena macet di jalan sebelum ke sini, di Tasik juga kena macet. Cuma jalan sebentar, terus berhenti lagi. Ini juga enggak tahu sampai kapan macet," kata Eki saat dijumpai di sebuah minimarket di kawasan Ciawi.

Terpisah, Kepala Pos Terpadu Letter U Gentong, Ajun Komisaris Polisi Erustiana mengatakan, kepala sumbu kemacetan parah ini berada di Bandung. "Kepala di Bandung," kata Erustiana singkat saat dikonfirmasi via pesan pendek.

Hingga saat ini, kemacetan parah masih terus terjadi. Beberapa kali arus kendaraan bisa dialirkan namun kembali mengalami sendatan. Polisi terus berjaga dan mengatur lalu lintas termasuk di persimpangan jalan dan pintu rel kereta api yang menjadi titik rawan sendatan, sementara sebagian pengendara lebih memilih meminggirkan kendaraan mereka sambil beristirahat.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar