Yamaha Mio S

Komjen Pol M Iriawan Resmi Jadi Penjabat Gubernur Jabar

  Senin, 18 Juni 2018   Dadi Haryadi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat berbicara dalam pelantikan Pjs Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6). (Dadi Haryadi/ayobandung)

JALAN ASIAAFRIKA, AYOBANDUNG.COM--Komisaris Jenderal Polisi M Iriawan resmi dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat. Pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106 Tahun 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat masa jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Pejabat Gubernur Jawa Barat. Ditetapkan di Jakarta, 8 Juni 2018.

Adapun dasar penunjukan Penjabat Gubernur adalah pasal 201 ayat (10) Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur, diangkat pejabat Gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan pelantikan gubernur sesuai dengan ketentuan perundang undangan.

"Seharusnya Penjabat Gubernur usai dilantik usia masa berakhir Gubernur dan Wakil Gubernur. Tapi karena berdekatan dengan Hari Raya, ada Plh (Pejabat harian) Gubernur lebih dulu untuk mengisi kekosongan," kata Tjahjo.

Penjabat Gubernur memiliki tugas dan kewenangan kepala daerah sebagaimana amanat Pasal 65 Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Adapun beberapa larangan Pebjabat Gubernur di antaranya membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya, membuat kebijakan tentang pemekaran daerah, serta melakukan mutasi pegawai.

"Jika akan melakukan pergantian SKPD dipersilahkan, namun harus sesuai dengan izin Mendagri," kata Tjahjo.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar