Yamaha Mio S

Terminal Cicaheum Antisipasi Keterlambatan Bus Akibat Macet

  Minggu, 17 Juni 2018   Dadi Haryadi
Sejumlah calon penumpang saat akan masuk ke dalam bus di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Senin (11/6/2018). Jumlah penumpang di Terminal Cicaheum, Bandung, melonjak sejak H-7 hingga H-4 arus mudik Lebaran 2018. Sebanyak 239 bus dengan 4.112 penumpang diberangkatkan pada H-5 Lebaran 2018. Angka itu meningkat sekitar 34% dari tahun sebelumnya. (Irfan Al-Faritsi)

CICAHEUM, AYOBANDUNG.COM--Pengelola Terminal Cicaheum menyiapkan sejumlah bus cadangan untuk mengantisipasi terjadi penumpukan penumpang akibat keterlambatan kedatangan bus dari jalur selatan.

Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto mengakui kemacetan di Nagreg hingga wilayah Tasikmalaya dan Garut bisa mengganggu waktu tempuh bus. Karena itu, pihaknya menyiapkan 5 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 5 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

"Jika kami menyiapkan bus cadangan sebagai langkah antisipasi supaya tidak terjadi penumpukan penumpang," ujarnya, Minggu (17/6/2018).

Menurutnya, jumlah penumpang di Terminal Cicaheum saat ini relatif sepi mengingat masa puncak mudik sudah terlewati. Adapun penumpang yang tersisa hanya pemudik lokal.

Hingga H2 Idulfitri, pihaknya telah memberangkatkan total 33.743 penumpang menggunakan 1.798 bus. Puncak mudik terjadi pada H-3 sebanyak 5.789 penumpang.

"Sepi penumpang, malah cenderung lengang. Bus yang datang dari jalur selatan langsung kosong karena banyak yang turun di Cileunyi," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar