Yamaha Mio S

Pemerintah Tetapkan Idulfitri Jumat 15 Juni 2018

  Kamis, 14 Juni 2018   Adi Ginanjar Maulana
Ilustrasi pemantauan hilal untuk penetapan Idulfitri.(BMKG)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat (15/6/2018). Penetapan ini didapat berdasarkan Sidang Isbat Penentuan Awal Syawal 1439 H yang dipimpin Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6/2018). Dengan demikian, Hari Raya Idulfitri ditetapkan pada esok hari.

“Dengan demikian, usai mendengarkan pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) seluruh peserta sidang isbat bersepakat untuk menetapkan 1 Syawal 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018 besok,” ujar Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah saluran televisi.

Kesepakatan sidang ini dibuat berdasarkan dua hal. Pertama, adalah perhitungan hisab, dan kedua adalah metode rukyat berdasarkan laporan petugas yang melakukan pengamatan.

Sebelumnya, menjelang sidang isbat dibuka, Kementerian Agama mendapatkan laporan kesaksian hilal dari 12 pelaku rukiyatul (pemantau) hilal di beberapa titik di Indonesia. Pemantauan hilal dilakukan di 97 titik wilayah di 34 provinsi di seluruh tanah air.

“Dengan demikian besok umat muslim tidak berpuasa. Besok umat muslim di tanah air melaksanakan salat Id,” kata Lukman.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar