Yamaha NMax

Solihin: Pendatang Baru di Bandung Harus Punya Kapabilitas

  Kamis, 14 Juni 2018   Fathia Uqimul Haq
Pjs Wali Kota Bandung, M Solihin. (Fathia Uqim/ayobandung)

LEUWIPANJANG, AYOBANDUNG.COM—Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, M Solihin, meminta para pendatang baru yang hendak datang ke Bandung untuk memiliki keterampilan dan tempat tinggal yang jelas. Hal itu diperlukan untuk mengurangi jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial alias PMKS.

“Jangan bawa orang yang tidak punya keahlian apa-apa untuk sekadar mencari pekerjaan di Kota Bandung. Sebab, Bandung membutuhkan orang-orang yang kreatif dan bisa berkompetisi,” ujar Solihin di Terminal Leuwipanjang, Bandung, Kamis (14/6/2018).

Pendatang baru harus memastikan jika dirinya memiliki kriteria keterampilan yang dibutuhkan, pekerjaan yang jelas, dan tempat tinggal agar kehidupan mereka terjamin. Solihin khawatir, mereka hidup terlantar jika datang tanpa kapabilitas apa pun.

“Yang tidak punya keahlian itu, kalau enggak jadi korban, ya jadi pelaku. Saya khawatir terjadi dua-duanya,” ujar Solihin.

Solihin justru mengimbau akan lebih baik jika mereka bekerja untuk membangun daerahnya masing-masing daripada datang mengadu nasib ke Kota Bandung tanpa bekal apa pun. Lagipula, menurutnya, bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat dapat meringankan warga daerah dan membuat kehidupan yang lebih baik di daerah masing-masing.

“Pemerintah, kan, sudah menggelontorkan program yang tak hanya di perkotaan, tapi juga di pedesaan. Berkreativitas di desa itu bagus, kan awalnya kota maju juga berawal dari desa,” kata Solihin.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar