Yamaha Aerox

Lima Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik

  Kamis, 14 Juni 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi. (Satrio)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Tradisi mudik atau kembali ke kampung halaman menjadi fenomena setiap tahun yang tidak dapat dihindari. Orang-orang ramai mengunjungi sanak saudara dan keluarga untuk bersilaturahmi dan dan berkumpul.

Sebagian orang seringkali luput dengan beberapa hal sebelum pergi ke kampung halaman. Padahal, hal-hal ini dapat menjadi penting sebagai upaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Berikut lima hal yang harus diperhatikan sebelum mudik versi ayobandung :

Tunaikan Zakat Fitrah

Agar mudik lebih tenang, pastikan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah ditunaikan terlebih dulu. Bagi yang sudah berkeluarga, pastikan anak-anak pun terhitung zakatnya. Perhitungannya, harga satu kilo beras yang biasa dimakan dikalikan 2,5 %. Penyaluran zakat dapat melalui masjid terdekat, Lembaga Amil Zakat, atau melalui aplikasi berzakat yang dirilis oleh beberapa lembaga seperti aplikasi android “Amalin” milik Rumah Amal Salman.

Cabut Selang Gas

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cek keadaan dapur dan rumah sebelum ditinggalkan dalam waktu beberapa hari. Cabut selang gas supaya tidak ada kebocoran yang kita tidak bisa hindari.

Simpan Barang Berharga

Jangan menaruh barang berharga di rumah. Pastikan untuk dibawa atau menitipkan ke pada saudara atau tetangga yang tidak mudik. Misalnya uang simpanan, emas, atau barang elektronik seperti laptop dan surat berharga.

Pamit Kepada Tetangga

Tetangga adalah orang pertama yang dapat memberi pertolongan. Pastikan untuk berpamitan kepada tetangga dan menitip rumah jika terjadi apa-apa. Jangan lupa untuk memberi imbalan hadiah berupa oleh-oleh dari kampung halaman saat kembali pulang untuk tetangga kita.

Tunaikan Iuran Keamanan

Biasanya pihak RT/RW setempat akan menagih iuran Ramadan untuk kebutuhan keamanan. Pastikan untuk membayarnya tepat waktu karena tim keamanan komplek, wilayah, atau perumahan akan menjaga wilayah perumahan selama Idul Fitri. Untuk itu, tunaikan kewajiban membayar iuran dan tidak ada salahnya untuk memberi oleh-oleh sepulang dari tempat mudik untuk tim keamanan.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar