Yamaha NMax

Gong Piala Dunia 2018 Dibuka Malam Nanti

  Kamis, 14 Juni 2018   Andres Fatubun
Ilustrasi. (skysports.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Perhelatan sepakbola dunia empat tahunan Piala Dunia akan dibuka di Luzhniki Stadium Moskwa pada Kamis (14/6/2018) malam waktu Indonesia. Acara seremoni pembukaan digelar sekitar pukul 20.00 WIB, dilanjutkan dengan partai perdana Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi pada pukul 22.00 WIB.

Rusia dan Arab Saudi tergabung di Grup A bersama dua negara lainnya yaitu Mesir dan Uruguay. Dengan komposisi tersebut, sulit bagi Rusia dan Arab untuk lolos ke babak berikutnya. Meski demikian, Rusia yang tampil di hadapan ribuan pendukungnya jelas tidak mau kehilangan muka. 

Pelatih Stanislav Cherchesov tak mau mengulang kesalahan di Piala Dunia 2014, saat Rusia harus angkat koper lebih dulu. Kala itu Rusia tergabung di Grup H bersama Belgia, Korsel, dan Aljazair. Dari tiga pertandingan, Rusia tak pernah menang. Meraih dua kali imbang dan sekali kalah, Rusia akhirnya tercecer di peringkat tiga. 

Skuat Cherchesov di Piala Dunia 2018 bermaterikan sejumlah pemain muda minim pengalaman internasional. Cherchesov melakukan sejumlah perubahan penting khususnya di lini belakang. Ia membuang sejumlah pemain veteran dan menggantikannya dengan pemain muda. Tiga talenta yang diandalkan Cherchesov adalah Viktor Vasin, Fedor Kudryashov, dan Georgi Dzhikiya (Spartak Moscow).

Sementara di lini tengah, pemain muda yang bakalan menjadi andalan Cherchesov adalah si kembar Aleksei dan Anton Miranchuk dari Lokomotiv Moscow serta Aleksandr Golovin yang bermain di CSKA. Tak lupa gelandang haus gol Alan Dzagoev yang sudah mencetak enam gol.

Soal urusan menggedor jala gawang, Rusia memiliki pilihan striker yang terbilang tajam yaitu Fyodor Smolov dan Aleksandr Kokorin. Keduanya masing-masing menyumbangkan 12 gol dalam satu tahun terakhir.

Di bawar mistar, posisi Igor Akinfeev tak tergoyahkan. Akinfeev merupakan pemain senior dan dipercayai untuk menjadi kapten.

Sedangkan Arab Saudi lawannya lolos ke Rusia dengan babak belur. Sejak babak kualifikasi dimulai pada September 2016, hingga akhirnya lolos, Arab Saudi mengganti pelatihnya sebanyak tiga kali. Pertama Bert Van Marwijk. Pria asal Belanda tersebut dipecat setahun kemudian. 

Penggantinya Edgardo Bauza hanya bertahan dua bulan. Pelatih selanjutnya adalah Juan Antonio Pizzi. Pelatih asal Cile ini akan bertanggung jawab untuk meloloskan Arab Saudi dari Grup A yang dihuni oleh tim yang lebih kuat yaitu Rusia, Mesir, dan Uruguay.

Juan Antonio Pizzi akan mengandalkan striker Nawaf Al Abed untuk menjebol gawang lawan. Al Abed yang bermain untuk Al Hilal akan didukung oleh winger muda Fahad Al Muwallad. Sementara pemain veteran Osama Hawsawi yang bermain sebagai jangkar pertahanan akan memimpin timnya. 

Sejumlah debutan juga akan dimainkan oleh Pizzi seperti bek kanan Mohammed Al Burayk yang berusia 25 tahun.

Rusia dan Arab Saudi baru bertemu satu kali pada Oktober 2003. Saat itu Arab menang dengan skor telak 4-2. Rusia berpeluang membalaskan kekalahan tersebut di laga perdana Piala Dunia 2018.

Perkiraan susunan pemainkedua tim:

Rusia: Akinfeev; Smolnikov, Kutepov, Ignashevich; Samedov, Zobrin, Gazinskiy, Zhirkov; Dzagoev, Smolov, Golovin.

Arab Saudi: Al Maiouf; Al Shahrani, Os Hawsawi, Om Hawsawi, Al Hardi; Otayf; Al Shehri, Al Jassim, Al Faraj, Al Dawsari; Al Muwallad Al Harbi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar