Yamaha Mio S

Polisi Terapkan One Way Cikarang-Palimanan

  Rabu, 13 Juni 2018   Dadi Haryadi
Kendaraan mengantre dalam sistem satu arah mulai dari Gerbang Tol Cikarang hingga Palimanan. (Faqih Rohman/ayobandung)

JALAN DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM--Jajaran kepolisian bersama Kementerian Perhubungan dan Jasa Marga menerapkan sistem satu arah (one way) mulai dari Gerbang Tol Cikarang hingga Palimanan. Cara ini dilakukan karena arus kendaraan mulai membludak dari arah Jakarta.

"Sudah mulai diberlakukan one way. Karena sudah maksimal sekali arus kendaraan dari Jakarta bahkan dari Lampung juga sudah berdatangan," ujar Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Gedung Sate, Rabu (13/6/2018).

Meski satu arah, pihaknya mengimbau kepada para pemudik untuk tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena dikhawatir bisa menimbulkan kecelakaan.

Menurutnya, sistem satu arah ini baru diberlakukan pertama kali. Namun bersifat hanya sementara waktu. Adapun arus kendaraan dari arah timur dialihkan menuju jalur Pantura atau melalui jalur selatan Jabar.

"Kalau sudah stabil nanti kita kembalikan seperti semula. Pada prinsipnya, mereka bisa memilih ke Pantura atau lewat selatan," katanya.

Kapolda menuturkan sistem satu arah juga bisa diberlakukan saat arus balik mendatang, terutama pada H+2. Akan tetapi hal ini masih dalam kajian seluruh pihak terkait.

Lebih lanjut dia menilai penetapan libur panjang menjelang Lebaran sangat efektif untuk mengurai kemacetan mudik. Jika kebijakan ini diterapkan bisa menimbulkan kondisi parah hingga 3 kali lipat dari kondisi sekarang.

"Ini (libur panjang) sangat membantu. Kalau tidak ada liburan panjang, maka akan terjadi penumpukan," pungkasnya.
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar