Yamaha Aerox

Jadi Interval Arus Mudik, Tol Cipularang Aman Terkendali

  Rabu, 13 Juni 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Tol Cipularang. (FOTO ANTARA/AJ Yumya)

PASTEUR, AYOBANDUNG.COM--Menuju H-2 Idulfitri 2018 arus mudik di ruas Tol Cipularang aman terkendali. Humas PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Dadan Saefudin, mengatakan hingga saat ini arus mudik di Tol Cipularang stabil baik dari arah Jakarta-Bandung maupun sebaliknya. 

"Kalau Tol Cipularang itu hanya jadi interval tapi perihal pantauan kendaraan yang masuk dan keluar Kota Bandung dilihat dari ruas Tol Purbaleunyi (Purwakarta, Bandung, Cileunyi) lancar meski jadi target tujuan pemudik. Tidak ada antren panjang di setiap Gerbang Tol masuk maupun ke luar Kota Bandung," ungkap Dadan kepada wartawan, Rabu (13/6/2018)

Di sisi lain, Dadan menyebut sejauh ini volume perlintasan arus mudik kendaraan yang masuk dan keluar tol masih aman sejak H-9 mudik lebaran. Namun, dirinya memprediksi puncak arus mudik mulai terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran. 

Namun yang cukup unik di ruas Tol Purbaleunyi ini ada sedikit perbedaan dengan wilayah lain. Lantaran, menurut Dadan kerap ada peningkatan volume yang cukup signifikan pula yang terjadi pada saat bertepatan dengan hari raya Idul Fitri dan H+1. 

"Kalau di Bandung ramainya itu pada hari H dan H+1 sampai H+2. Mungkin orang-orang setelah salat Idulfitri langsung melakukan mudik. Bahkan perbandingan dari tahun lalu kenaikan arus mudik tahun ini ada sekitar 14 persen," ungkapnya.

Selain itu dibandingkan dengan volume kendaraan yang keluar masuk Tol, Dadan memaparkan, tercatat volume kendaraan meningkat 25,23% di bandingkan pada hari biasa. 

"Realisasinya saat ini yang keluar masuk itu sekitar 37.000 kendaraan dari normalnya 30.000 kendaraan. Ini ada kenaikan 25, 23% kalau melihat perbandingan dari hari-hari biasa," sambungnya. 

Kondisi ini tergolong terkendali karena semenjak dibukanya jalur Trans Jawa, para pemudik tambah Dadan lebih memilih melintasi jalur arah tersebut. 

"Jadi sejauh ini Gerbang Tol di ruas Tol Purbaleunyi normal. Antrean paling biasanya ada pada malam hari, tapi tidak terlalu panjang juga  sekitar 50 sampai 100 meter sudah terurai," pungkasnya. 
 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar