Yamaha Aerox

Lama Waktu Tidur Serta Dampaknya untuk Tubuh

  Rabu, 13 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi tidur. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Sejak lama sebuah penelitian menyebutkan bahwa waktu tidur ideal manusia adalah tujuh hingga delapan jam. Namun, tak semua orang bisa terlelap dengan cepat. Beberapa orang butuh waktu untuk benar-benar terlelap, waktu tidur ideal pun berkurang.

Peneliti dari Penn University menyebutkan bahwa kebanyakan orang hanya tidur 90% dari waktu ideal. Dengan begitu, kita membutuhkan waktu tambahan untuk tidur nyenyak selama delapan jam. Para peneliti menyarankan kita untuk tidur selama delapan setengah jam setiap harinya.

Namun, itu hanyalah gambaran ideal. Faktanya, setiap orang memiliki jam tidur yang saling berbeda lantaran berbagai faktor. Jadi, apa dampaknya lama waktu tidur seseorang terhadap tubuh?

 

0 jam

Kurang tidur secara total adalah penyiksaan. Setelah tiga hari, Anda akan kehilangan sedikit ingatan tentang apa yang telah terjadi. Tak hanya itu, kematian bisa saja mengintai Anda.

Dua jam

Tak ada satu pun manusia yang kuat hidup hanya dengan tidur selama dua jam. Kebiasaan ini jelas tidak disarankan, kecuali dalam keadaan darurat.

Empat jam

Beberapa politisi dan CEO menyombongkan diri bahwa mereka hanya membutuhkan waktu tidur selama empat jam. Namun, itu tidak benar. Ini akan menyebabkan kelebihan berat badan, menimbulkan perilaku tak menentu, dan perubahan suasana hati yang sering terjadi.

Enam jam

Banyak orang yang tidur hanya dalam waktu enam jam pada hari kerja. Jam kerja adalah penyebab terbesar seseorang kehilangan jam tidurnya. Mintalah jam kerja yang lebih fleksibel.

Delapan jam

Ini adalah lama waktu tidur yang sangat dianjurkan. Waktu aktivitas tubuh setiap orang tentu bervariasi. Bill Gates mungkin bisa hanya membutuhkan waktu tidur selama tujuh jam, tapi Anda mungkin perlu sedikit lebih banyak waktu.

Sepuluh jam

Remaja perlu tidur lebih lama, sekitar sembilan hingga sepuluh jam setiap malamnya. Jam sekolah di pagi hari biasanya jadi penyebab utama remaja kehilangan waktu tidur. Memindahkan waktu sekolah mulai pukul sepuluh pagi telah terbukti mengurangi penyakit dan meningkatkan nilai ujian.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar