Yamaha Mio S

Artis Ramai Dukung Pasangan Rindu

  Selasa, 12 Juni 2018   Dadi Haryadi
Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum atau Rindu resmi saat mendaftar ke KPU Jawa Barat, Selasa (9/1) pagi. (Kavin Faza/job)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Sejumlah artis Tanah Air ramai-ramai memberikan dukungan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu). Dukungan tersebut disampaikan dalam bentuk video yang disebar melalui media sosial.

Deretan artis pendukung kandidat nomor urut 1, yakni Raffi Ahmad, Andhika Pratama, dan Sahrul Gunawan. Adapun dari kalangan komedian yakni Denny Cagur dan Mang Saswi. Sedangkan dari artis lawas yakni M. Farhan, Eddies Adelia, dan Della Puspita. Adapula penyanyi Afghan Syahreza, Rossa, Syahrini, Aura Kasih dan Giring "Nidji".

Melihat fenomena ini, Pakar Politik dan Ilmu Pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Asep Warlan menilai video artis memberikan dukungan kepada salah satu kandidat berpotensi untuk menarik suara dari para pemilih.

Cara serupa pernah dilakukan Jokowi yang mendapat dukungan dari Slank dan Iwan Fals saat bertarung dalam Pemilihan Presiden 2014 lalu.

"Dukungan dari artis mampu menarik dan menggiring para pemilih yang mengidolakan artis tersebut," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (12/6/2018).

Dia menjelaskan pemilih kerap mencari alasan untuk memberikan suara kepada paslon. Sehingga artis atau tokoh yang diidolakannya bisa menjadi dasar hal tersebut.

Menurutnya, dukungan dari para artis tidak melanggar aturan karena bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang punya kewajiban bersikap netral.

"Sah-sah saja cara ini (video dukungan dari artis). Apalagi kalau artis yang bersangkutan turun langsung ikut berkampanye, pasti bisa lebih masif," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar