Yamaha Aerox

Lima Sajian Menu Sehat Saat Lebaran

  Selasa, 12 Juni 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi jus jeruk sebagai salah satu sajian sehat untuk Lebaran. (Pixabay/Public Domain Archive)

SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM—Lebaran tinggal menghitung hari. Pastikan tetap menjaga asupan makanan dan tidak kalap saat Lebaran tiba agar badan tetap sehat. Makanan yang penuh dengan santan, pedas, asam, dan berlemak sangat mungkin hadir di atas meja makan. Tak ayal, kolesterol pun menjadi ancaman kesehatan tubuh saat hari Lebaran tiba.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa menggantikan menu autentik Lebaran untuk mencegah terjadinya penyakit. Apa saja sajian sehat saat Lebaran yang dapat disajikan di atas meja makan? Berikut saran dari ahli gizi RS Hasan Sadikin, Bandung, Iis Rosita.

 

Sup

Untuk mengganti opor atau gulai yang penuh dengan lemak dan santan, makan ketupat diguyur dengan sup juga cocok untuk menu Lebaran. Selain lebih sehat, sup dengan banyak sayuran dapat membantu pencernaan. Sementara opor dan gulai rentan untuk pencernaan.

Salad Buah

Salad buah dapat menjadi sajian Lebaran yang tidak kalah segar. Salad buah lebih baik daripada sup buah karena tak mengandung unsur gula tambahan. Pastikan tidak menggunakan mayonaise dan ganti dengan yoghurt yang mampu melancarkan pencernaan.

Parsel Buah

Sejajarkan kue-kue Lebaran dengan buah-buahan di pinggirnya. Sediakan paket buah supaya tubuh tetap sehat. Ini lebih baik daripada kue Lebaran yang memiliki kandungan gula tinggi dan lemak jenuh seperti mentega.

Jus Buah

Ganti minuman sirup berwarna-warni dengan jus buah. Selain lebih sehat, jus buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral seseorang. Namun, ingat untuk mengurangi gula atau tidak menggunakan gula sama sekali. Pilihlah buah yang manis dan campur dengan buah lainnya supaya rasa manis bukan datang dari gula, tapi dari buah itu sendiri.

Rujak

Rujak bisa jadi makanan yang enak, penghilang stress, dan mampu menghangatkan suasana kumpul keluarga. Aneka buah dan sambal dari kacang dan gula merah mampu menyegarkan mata dan mulut. Pastikan untuk menggunakan buah segar.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar