Yamaha Aerox

Pentingnya Menggunakan BBM RON Tinggi untuk Kendaraan Mudik

  Selasa, 12 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi mudik. (Satrio Iman/ayobandung)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Mesin kendaraan yang rusak akan sangat mengganggu perjalanan mudik seseorang. Para pemudik diimbau menggunakan bahan bakar minyak dengan RON tinggi untuk menghindari kerusakan mesin. Contohnya saja BBM dengan RON 92 ke atas, seperti seri Pertamax yang dinilai sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan saat ini.

“Sejak 2003 sebenarnya teknologi mesin kendaraan bermotor sudah tidak cocok lagi untuk BBM RON rendah seperti Premium. Yang sesuai bagi mesin adalah BBM dengan RON tinggi,” ujar pakar otomotif Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri, melansir Antara, Selasa (12/6/2018).

Memaksakan menggunakan Premium, kata Tri, hanya akan berdampak buruk pada kendaraan. Keluhan yang dirasakan misalnya mulai dari kinerja yang rendah, boros BBM, hingga paling fatal adalah turun mesin dan rusaknya kendaraan.

“Kalau sudah turun mesin tentu biayanya sangat mahal. Untuk jenis Avanza saja, jika piston yang kena, perbaikan bisa mencapai Rp6-7 juta,” kata Tri.

Ketidaksesuaian antara jenis BBM dan spesifikasi kendaraan bermotor ini pada awalnya akan berdampak terhadap kinerja yang tidak optimal. Sebut saja tenaga yang rendah, akselerasi yang tidak optimal, dan tidak kuat di medan tanjakan.

Dampak itu akan semakin menjadi-jadi ketika kendaraan yang digunakan adalah jenis keluaran terbaru. Itu bisa menyebabkan injektor tersumbat sehingga BBM yang disuplai tidak banyak. Akibatnya, mesin tidak kuat.

Selain itu, pembakaran yang tidak sempurna akan mengakibatkan banyak kerak di dalam ruang bakar. Kerak akan meningkatkan kompresi, hingga mesin mengelitik. “Jika dibiarkan makin lama tentu bisa merusak mesin,” tegas Tri.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar