Yamaha Aerox

Analis: Trump dan Kim Jong Un Sama-sama Grogi di Pertemuan Pertama

  Selasa, 12 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump. (Jonathan Ernst/Reuters)

SINGAPURA, AYOBANDUNG.COM—Baik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ataupun Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, keduanya tampak grogi saat memulai sebuah pertemuan bersejarah di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018).

Karen Leong, seorang analis ekspresi wajah, mengatakan bahwa pada 60 detik pertama, keduanya menunjukkan sebuah usaha untuk bertanggung jawab dalam pertemuan mereka.

“Trump sepertinya sadar akan hal ini, bahwa dia perlu meningkatkan ‘harganya’ dan memperlihatkan bahwa dia adalah pemimpin,” ujar Leong, melansir Reuters.

Dalam pertemuan pertama itu, Trump terlihat lebih banyak berbicara dibandingkan Kim yang hanya mendengarkan dengan penuh perhatian. Namun, Kim mencoba menepuk lengan Trump dalam upayanya untuk menunjukkan kendali atas pertemuan itu.

Sementara Trump berusaha untuk menepuk punggung Kim sebagai sapaan awalnya. Kemudian, tepukan itu berakhir pada penempatan tangannya di bahu Kim.

Leong mengatakan bahwa keduanya sulit untuk menyembunyikan kegelisahan mereka setelah keduanya duduk. Trump terlihat menampilkan senyum tipis dan memperlihatkan kegelisahan itu dengan tangannya. Sementara Kim memilih bersandar dan menatap ke bawah.

Menjelang pertemuan, Trump mengklaim bahwa dia akan tahu dalam beberapa menit pertama soal keseriusan Korea Utara untuk berdamai. “Saya akan tahu dengan cepat. Menurut saya sesuatu yang positif akan terjadi,” katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar