Yamaha Aerox

Mengenal Komunitas Hijrah "Bertahan Bertuhan"

  Senin, 11 Juni 2018   Fathia Uqim
Kajian Ramadan bersama Bertahan Bertuhan di Bale Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/6). (Fathia Uqim/ayobandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM—Fenomena hijrah terus mewarnai gejolak kawula muda di Kota Bandung. Tengok saja komunitas Bertahan Tuhan, yang fokus pada aksi sosial dan aktif mengajak anak muda berhijrah lewat berbagai kajian di berbagai tempat.

Mulanya, pada 2014 lalu, komunitas ini merupakan komunitas yang hanya bergerak di kegiatan sosial dengan nama komunitas Lupa Lelah. Pengumpulan dana korban banjir, bakti sosial, sampai gerakan memungut sampah adalah sederet aktivitas yang biasa dilakukan Lupa Lelah.

“Kemudian saya berpikir untuk mengembangkan komunitas ini dengan merambah ke kajian. Kami ingin hijrah,” ujar pendiri komunitas Bertahan Bertuhan, Viqri Eriansyah, saat ditemui di Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/6/2018).

Viqri ingin mengajak dan memotivasi banyak anak muda untuk berhijrah. Menurutnya, akanlah sulit mengajak orang untuk berhijrah tanpa memperkenalkan nikmatnya berhijrah. “Jadi kami kasih motivasinya versi mereka, versi anak muda,” kata Viqri.

Nama “Bertahan Bertuhan” baru saja eksis selama enam bulan belakangan. Namun, kegiatannya yang berpusat di Masjid Al Amin Margahayu Permai telah hadir sejak tiga tahun silam.

Di Ramadan ini, Bertahan Bertuhan getol menggelar tablig akbar dengan menghadirkan pemateri kondang. Hal itu dilakukan supaya menarik perhatian anak-anak muda lewat sosok tokoh publik yang tengah digilai seumurannya.

Kajian Bertahan Bertuhan #2 menghadiri dirigen bobotoh Yana Umar, gelandang Persib Eka Ramdani, dan para koordinator geng kondang hijrah seperti GBR, Brigez, dan XTC. Kajian yang digelar di Bale Sabilulungan, Soreang itu juga dimeriahkan oleh rapper hijrah, Ibnu “The Jenggot” dan Wazzilah.

Tak hanya memanfaatkan momen-momen tertentu, komunitas Bertahan Bertuhan juga rajin menggelar kajian tiap pekan di Masjid Al Amin. Informasi mengenai kajian dan kegiatan sosialnya dapat dipantau di Instagram @bertahanbertuhan.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar