Yamaha Mio S

Dishub Minta Pemudik Waspadai Titik Kemacetan di Jabar

  Minggu, 10 Juni 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi kemacetan. (Irfan Alfaritsi/AyoBandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Memasuki H-5 Lebaran 2018, para pemudik sudah mulai bergerak menuju kampung halaman masing-masing. Oleh karenanya, demi kelancaran selama perjalanan, para pemudik diimbau untuk mempersiapkan pengamanan selama bermudik, mulai dari cek kendaraan, kesehatan, hingga berbagai ruas jalur mudik yang akan dilewati.

"Bagi pemudik yang melintasi wilayah Jawa Barat, harus tahu titik kemacetan dan rawan kecelakaan lalu lintas di Jabar agar bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi," kata Kepala Humas Dishub Jabar, Juddy Kadarlaksana Wachjoe saat dihubungi via sambungan telepon, Minggu (10/6/2018).

Dihimpun dari sumber data Polda Jabar, Juddy menuturkan, Jabar memiliki beberapa titik kemacetan dalam jalur mudiknya. Dalam peta rawan kemacetan ini KM 66-Rest Area 62, 52 dan 42, Cikalong (Subang), dan Tegal Karang-Lohbener menjadi titik kemacetan di jalur Pantura. Sedangkan bagi pemudik via tol, jalur yang harus diantisipasi yaitu tol Cipali atau Palimanan di gerbang tol Subang.

Sementara itu, kata Juddy, titik rawan kemacetan lain yang paling banyak di Jabar pun cenderung berada jalur Cileunyi, Nagreg, Limbangan, Gentong, dan Puncak Bogor. Namun, untuk pemudik yang memilih jalur tengah yaitu jalur Sadang (Purwakarta), Subang, Jatiwangi, dan Majalengka dan sekitar cenderung tidak termasuk dalam jalur macet arus mudik. 

Oleh karena itu, Juddy mengimbau kepada seluruh pemudik yang menggunakan wilayah Jabar saat bermudik untuk tetap berhati-hati. Jika merasa lelah, Uddy juga berpesan pada para pemudik untuk tidak memaksakan diri melakukan perjalanan. Lantaran, di arus mudik lebaran 2018 ini pun disediakan berbagai posko atau area istirahat yang telah dibuka Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Untuk pengguna kendaraan pribadi atau angkutan umum, harus ingat jika kita juga punya keluarga di rumah yang menunggu. Jadi saya sampaikan jaga kondisi kesehatan. Kalaupun lelah berhenti di rest area karena Dishub juga banyak menyediakan titik rest area. Artinya kalau lelah, istirahat saja jangan memaksakan diri, terus kalau pun harus ada pemeriksaan kesehatan, di posko juga disediakan," ujarnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar