Yamaha Lexi

Lima Rekomendasi Lokasi Ngabuburit Asyik di Kota Bandung

  Sabtu, 09 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi -- Alun-alun Bandung. (bdgexpat.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Ngabuburit adalah menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadan. Ini adalah momen ketika perut sibuk berbunyi karena lapar dan badan lesu tak bergairah.

Daripada menunggu waktu berbuka puasa dengan perasaan lemas, kebanyakan orang memilih mencari berbagai aktivitas favorit untuk ngabuburit. Entah itu hanya sekadar mencari menu berbuka puasa, bersenda gurau bersama teman, atau bahkan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kali ini, ayobandung bakal memberimu rekomendasi lima lokasi ngabuburit yang asyik dan bisa bikin kamu lupa waktu.

 

Kineruku

Di salah satu sudut Jalan Hegarmanah ini kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburitmu dengan kegiatan positif seperti membaca buku. Berbagai koleksi buku hadir di ruang baca Kineruku. Kamu tinggal ambil salah satu buku yang terpajang di rak buku yang ada di sana, mencari kursi untuk duduk, dan bacalah.

Dipastikan, kamu bakal lupa waktu. Belum lagi suasana santai dan hening yang dimiliki Kineruku bakal bikin kamu hanyut dalam kisah-kisah yang disajikan dalam buku.

Kamu juga tak perlu susah-susah mencari makanan berbuka puasa. Selain sebagai ruang baca, Kineruku juga hadir sebagai toko buku dan kafe. Beberapa menit sebelum azan Magrib berkumandang, pesanlah menu-menu makanan yang ada di sana.

Kawasan Babakan Siliwangi

Kawasan ini dikenal sebagai hutan kota milik Kota Bandung. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini untuk ngabuburit. Pertama, kamu bisa menikmati udara yang asali dari pepohonan rimbun sembari menapaki Forest Walk Babakan Siliwangi.

Lalu, kamu juga bisa bermain di areal Teras Cikapundung yang terletak tepat di seberangnya. Menikmati aliran Sungai Cikapundung bersama teman di sore hari adalah kegiatan yang pas untuk ngabuburit.

Nah, sebelum bercengkrama bersama teman di samping aliran Sungai Cikapundung atau menapaki hutan di jantung Kota Bandung, kamu juga bisa mengikuti kelas belajar mematung dan menggambar yang digelar oleh Sanggar Olah Seni, yang juga berada di kawasan Babakan Siliwangi. Ada sejumlah seniman yang siap mengajarimu di sana.

Kelas belajar yang digelar pada pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB itu tentu bisa membikin kamu lupa waktu menunggu sore. Tak terasa, tiba-tiba saja dari tanganmu tercipta sebuah patung cantik.

Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat

Ini adalah tempat digelarnya berbagai kegiatan seni di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Jika tak ada agenda, kawasan ini tampak biasa saja. Namun, percayalah, ini adalah satu satu titik untuk lanskap Kota Bandung yang paling ciamik. Kamu tak perlu jauh-jauh menaiki bukit ke ujung saja, cukup berkunjung ke Jalan Bukit Dago Utara.

Areal tribun penonton yang luas di teater terbuka ini bisa jadi tempat nongkrong favorit. Kamu bisa ajak beberapa temanmu untuk bersantai di sana, bermain kartu atau cukup dengan mengambil foto sana-sini sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Kamu juga tak perlu sulit untuk mencari menu buka puasa. Kamu bisa turun ke arah Simpang Dago. Niscaya, surga kuliner untuk berbuka puasa ada di sana.

Kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Tak ada salahnya mempelajari sejarah sembari menunggu waktu berbuka puasa. Monumen ini adalah museum sejarah perjuangan rakyat Tatar Pasundan. Di dinding sisi momumen itu terdapat relief yang berkisah tentang sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat yang digambarkan melalui berbagai fase, mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, hingga masa kemerdekaan.

Kamu bisa habiskan waktuku untuk mengelilingi relief yang terpampang dalam bangunan berbentuk setengah lingkaran itu. Atau, sekadar duduk-duduk di pelataran monumen juga bisa jadi pilihan. Di sana, kamu bisa menatap dengan jelas arsitektur Gedung Sate, Bandung.

Lagi-lagi, kamu tak perlu sulit mencari takjil. Sebab, kawasan itu juga kerap dipenuhi pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya. Atau, kawasan samping monumen, Jalan Dipatiukur, juga bisa kamu serbu untuk mencari makanan pembuka puasa.

Kawasan Braga dan Asia Afrika

Kalau yang satu ini tentu tak perlu diragukan lagi. Kawasan ini sudah tersohor sebagai salah satu lokasi wisata favorit kebanyakan orang. Habiskan waktu ngabuburitmu dengan menikmati pemandangan kota tua Bandung. Selain itu, kamu juga bisa sesekali berfoto dengan sejumlah cosplayer yang berderet di sepanjang Jalan Asia-Afrika.

Atau, untuk menambah wawasan, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika. Di sana, kamu akan belajar mengenai sejarah persatuan bangsa-bangsa Asia-Afrika untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan, juga melawan imperialisme.

Selain itu, berbagai kegiatan juga biasa digelar di Museum Konferensi Asia Afrika. Misalnya saja Komunitas Asia Africa Reading Club yang getol menggelar bedah buku di setiap hari Rabu. Siapa pun bisa terlibat di dalamnya.

Nah, jika sudah waktunya berbuka puasa, kamu bisa bergeser ke kawasan Alun-Alun Bandung untuk mencicip sedikit takjil kemudian melaksanakan salat Magrib berjamaah di Masjid Raya Bandung. Setelahnya, bergeserlah ke kawasan Braga untuk menikmati sederet kuliner yang ada di sana.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar