Yamaha Lexi

Mudik 2018, Ada 64 Titik Rawan Kemacetan di Jabar

  Kamis, 07 Juni 2018   Dadi Haryadi
Ilustrasi. (Satrio)

JALAN DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM--Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, pihaknya mewaspadai 64 titik rawan kemacetan jalur mudik Lebaran 2018 di wilayah utara, tengah, dan selatan Jabar.

"Kami menyiapkan langkah antisipasi di titik-titik rawan kemacetan di jalur mudik. Cara bertindak dan lainnya," ujarnya di Gedung Sate, Kamis (7/6/2018).

Dijelaskan, pasar tumpah menjadi salah satu penyebab kemacetan. Seperti yang kerap terjadi di Pasar Limbangan, Kabupaten Garut.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya akan melakukan kanalisasi serta terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

"Selain pasar, di Limbangan juga suka ada andong. Begitu pun di Tegal Gubuk suka ada Becak. Kami harap mereka tidak melakukan aktivitas untuk sementara waktu supaya tidak mengganggu arus lalu lintas," katanya.

Khusus untuk angkutan barang, menurutnya, Jabar melarang adanya pergerakan barang mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. Hal ini berbeda dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 34 tahun 2018 yang berisi larangan mulai 12 Juni 2018 (H-3).

Dedi menilai Jabar merupakan daerah tujuan dan perlintasan mudik, sehingga sangat rawan kemacetan dan perlu mendapat perhatian khusus.

"Karena libur mulai H-7, sehingga diperkirakan sudah ada pergerakan mudik. Kalau berlaku mulai H-3 maka akan terjadi mix traffic (arus bercampur kendaraan pemudik dengan angkutan barang)," pungkasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar