Yamaha Aerox

Posko Komersil Tak Seharusnya Memenuhi Lahan Parkir Rest Area

  Kamis, 07 Juni 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi mudik Lebaran. (Satrio Iman/ayobandung)

DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM—Pengelola rest area di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek diimbau untuk tidak mendirikan berbagai posko komersil yang tidak seharusnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi minimnya lahar parkir bagi para pengendara.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman, mengatakan bahwa berdasarkan pengalaman tahun lalu, rest area di ruas Tol Jakarta-Cikampek kerap dipenuhi berbagai posko barang dagangan dan jasa. Akhirnya, lahan parkir berkurang.

"Salah satunya yang juga dievaluasi kemarin (tahun lalu) adalah ada beberapa yang tidak perlu berada di rest area tapi malah ada di sana. Alhasil area parkir habis," kata Supratman di halaman Gedung Sate, Bandung, Rabu (6/6/2018).

Mobilitas pengendara di rest area kerap jadi salah satu penyebab kemacetan di jalan tol. Salah satunya bermula dari rest area yang sudah kehabisan tempat parkir, tapi pengendara terus masuk.

Mengatasi hal tersebut, kepolisian menurunkan anggotanya untuk disiagakan di setiap rest area yang bertugas melayani mobilitas pemudik yang hendak beristirahat. “Termasuk mengarahkan mereka (pengendara) agar tidak berhenti di bahu jalan. Kalau berhenti (di bahu jalan), nanti akan tambah macet,” kata Supratman.

Supratman juga berpesan kepada para pemudik supaya terus menjaga keselamatan dengan mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik. Selain itu, dia juga mengimbau pemudik untuk mengikuti aturan yang diberlakukan. “Jadi sabar aja. Namanya juga mudik, pasti agak tersendat. Tapi kalau kita ikuti peraturan, insya Allah tidak begitu macet,” pungkasnya.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar