Yamaha Aerox

Cara Sederhana Menangkal Godaan Rasa Manis Gula

  Rabu, 06 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi gula. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Camilan rasa manis bak godaan di tengah hari yang sibuk. Secara ilmiah, rasa manis punya kemampuan untuk meningkatkan mood dan energi seseorang.

Sejumlah ahli kesehatan merekomendasikan asupan sebanyak 30 gram gula per hari bagi setiap orang. Mengonsumsi gula lebih dari itu bisa menimbulkan konsekuensi buruk yang bisa merugikan kesehatan.

Melansir The Independent, seorang pakar nutrisi, Jessica Sepel, menguraikan sepuluh langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi hasrat untuk mengonsumsi gula.

 

Minum cuka sari apel

Menambahkan satu atau dua sendok makan cuka sari apel ke sebotol besar air mineral dan meminumnya secara bertahap sepanjang hari dapat membantu mengurangi hasrat mengonsumsi gula.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menyimpulkan bahwa konsumsi cuka setiap hari mampu mengurangi kadar gula darah pada orang dewasa.

Pertahankan waktu makan regular

Makanlah dalam waktu yang teratur. Menjaga jarak interval waktu makan adalah cara paling ampuh untuk menimbulkan rasa kenyang. Makan sebanyak tiga kali sehari dengan kira-kira dua camilan di antaranya akan membantu seseorang tetap merasa puas sepanjang hari.

Konsumsi buah di pagi hari

Sepel mengatakan bahwa waktu mengonsumsi buah dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi gula. “Dalam pengalaman klinis, saya melihat bahwa makan buah di sore hari memicu hasrat gula di kemudian hari,” ujarnya.

Namun, cerita berbeda ditemukan ketika seseorang mengonsumsi buah di pagi hari dengan keadaan perut kosong. Hasrat mengonsumsi gula akan semakin berkurang.

Konsumsi camilan yang sehat

Salah satu alasan mengapa begitu banyak orang akhirnya mengonsumsi camilan yang kurang sehat adalah karena mereka tidak memiliki waktu untuk mencari alternatif camilan lain yang lebih sehat. Apa saja yang ada di depan mata bisa dilahap begitu saja.

Untuk itu, Sepel menyarankan untuk menyiapkan camilan sehat untuk sepekan. Camilan yang telah disiapkan itu bisa jadi bekal untuk dibawa sembari beraktivitas.

Tambahkan sedikit jus lemon

Seorang peneliti medis dan ahli biokimia, David Williams, mengatakan bahwa mengonsumsi beberapa sendok makan jus lemon sehari dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah sebanyak 8-12%. Untuk itu, Sepel menyarankan untuk menambahkan jus lemon secara teratur ke sejumlah hidangan.

Konsumsi banyak protein dan lemak sehat

Mengonsumsi protein dan lemak sehat seperti daging merah, ayam, ikan organik, alpukat, dan minyak kelapa dapat membantu menjaga keinginan ngemil seseorang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition Journal sampai pada kesimpulan bahwa gadis remaja cenderung kurang mengidam makanan manis jika mereka sarapan dengan kandungan protein yang tinggi.

Mengonsumsi magnesium

Mengonsumsi sekitar 500 miligram magnesium dapat membantu memoderasi kadar glukosa darah. Magnesium secara alami ditemukan dalam sejumlah makanan termasuk almond, kacang hitam, kacang mete, dan bayam.

Konsumsi banyak makanan berserat

Selain membantu pencernaan, serat juga membantu seseorang tetap kenyang setiap setelah makan. “Ini mencegah Anda untuk mencari makanan manis secara impulsif,” kata Sepel.

Sepel menganjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau, gandum utuh, labu, atau ubi jalar.

Mengontrol perhatian

Mengidam gula sering dihubungkan dengan tingkat stres seseorang. Itulah sebabnya, demi menghindari konsumsi gula berlebih, seseorang harus mampu mengontrol pikirannya. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan, membaca buku, atau beristirahat untuk pikiran yang lebih tenang.

Menikmati kudapan sore yang sehat

Rasa lelah di sore hari kerap menyerang para pekerja. Ketika energi menurun, biasanya yang dicari adalah istirahat sembari menikmati camilan sore bersama rekan kerja.

Pilihlah camilan yang tinggi protein untuk kembali memberikan tingkat energi yang dibutuhkan, dibandingkan dengan camilan dengan kandungan gula yang tinggi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar