Yamaha Aerox

Yuk, Tebar Kebahagiaan untuk Marbot Masjid dengan Cara Ini

  Rabu, 06 Juni 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi masjid. (Pixabay/Public Domain Archive)

CITARIP, AYOBANDUNG.COM—Persiapan menuju Idulfitri biasanya bikin kita sibuk sendiri. Membuat ketupat, memburu diskon di mal, atau bersih-bersih rumah sebelum tamu datang berkunjung.

Hal itu tak salah. Namun, ada hal yang sering luput dari pandangan, bahwa kebahagiaan juga bisa didapat dengan memberikan kebahagiaan pada orang lain. Tengok saja Komunitas Dakwah dan Sosial (Kodas) yang punya program Tebar Kebahagiaan untuk Marbot Masjid.

Ketua Komunitas Dakwah dan Sosial, Ihsan Maulana mengatakan, marbot adalah seseorang yang bertugas memakmurkan masjid dengan cara merapikan masjid, membuat jemaah nyaman ketika beribadah, dan mengelola masjid supaya tetap hidup dan bersih. “Karena marbot punya jasa yang mungkin terkadang kita sepelekan,” ujar Ihsan kepada ayobandung.com, Rabu (6/6/2018).

Kodas mengambil teladan dari kisah Rasulullah SAW.  Ada seorang perempuan yang sering membersihkan dan merapikan masjid sehingga membuat jemaah nyaman ketika beribadah. Suatu ketika, perempuan itu meninggal dan Rasul tidak diberitahukan kematiannya. Kemudian, Rasul bertanya-tanya mengapa wanita yang kerap membereskan masjid itu tak terlihat lagi.

“Saat diberitahu bahwa wanita itu sudah meninggal, nabi bertanya kenapa kalian tidak memberitahukan kematiannya kepadaku. Para sahabat menjawab, kami pikir dia bukan siapa-siapa, maka kami langsung menguburkannya. Kemudian Rasul pun salat gaib di atas kuburan wanita itu,” papar Ihsan.

Kepedulian Kodas terhadap marbot masjid juga dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan. Kodas pernah mencoba membersihkan masjid dan melaksanakan tugas seperti marbot, hingga akhirnya mereka paham bahwa marbot tak boleh dianggap remeh.

“Terasa capainya. Makanya kita mau memberikan reward walau tidak banyak untuk para marbot,” ujar Ihsan.

Rencananya, Kodas akan mendistribusikan paket untuk 10 masjid binaan. Hingga saat ini, Kodas masih membuka donasi bagi siapa pun yang ingin berpartisipasi. Terakhir, tim Kodas baru menyampaikan paketnya untuk Masjid Khusnul Khotimah di kawasan Bojong Kacor yang sempat terkena banjir bandang.

Setiap marbot akan diberi paket dengan jumlah harga Rp200.000. Sebanyak Rp150.000 untuk uang saku dan sembako dengan harga Rp50.000. 

Nah, bagi kamu yang ingin berdonasi untuk marbot masjid, informasi selengkapnya bisa dilihat di akun Instagram @k_o_d_a_s.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar