Yamaha Aerox

Cara Alami Usir Ketombe dari Kulit Kepala

  Rabu, 06 Juni 2018   Fathia Uqim
Ilustrasi rambut. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Munculnya serpihan putih pada pakaian berwarna hitam itu menyebalkan. Ketombe membuat rambut terasa gatal dan membikin segala suasana jadi tidak menyenangkan.

Ketombe tak ada hubungannya dengan kebersihan. Bahkan, sering mencuci rambut juga bisa menimbulkan ketombe. Banyak faktor lain yang mendorong timbulnya ketombe seperti menyikat rambut secara tidak teratur, polusi udara, produk kimia yang kuat, dan lain-lain.

Melansir Boldsky, sebuah mikroba bernama malassezia ditemukan di setiap kulit kepala. Ia akan memakan sebum yang dihasilkan kulit kepala. Ketika sebum rusak, produk yang disebut asam oleat diproduksi, dan inilah yang menyebabkan ketombe.

Studi mengonfirmasi bahwa mayoritas orang menderita alergi terhadap asam ini. Kulit kepala yang teriritasi kemudian menjadi meradang dan berubah menjadi gatal. Potongan-potongan putih menonjol dari rambut gelap memberikan penampilan kulit kepala dan rambut menjadi kotor.

Jika semua jenis sampo dan produk untuk mengusir ketombe telah dicoba tapi tak kunjung mendatangkan hasil, maka sudah saatnya untuk menggunakan cara alami. Yoghurt, madu, dan lemon, yang lebih umum terdengar sebagai bahan smoothie, bisa menjadi masker andal bagi rambut untuk menyingkirkan ketombe.

AYO BACA : Manfaat Ajaib Alpukat untuk Perawatan Rambut Indah

Bagaimana cara membuat masker rambut tersebut?

Pertama, siapkan setengah cangkir yoghurt, satu buah lemon, dan satu sendok makan madu. Caranya, ambil yoghurt dalam mangkuk bersih. Peras lemon ke dalam mangkuk lain. Tambahkan jus ke dalam yoghurt bersama dengan satu sendok makan madu. Aduk semuanya untuk mencapai konsistensi yang merata.

Kedua, aplikasikan masker itu pada rambut. Namun, sebelumnya pastikan ada handuk di bahu untuk mencegah kotor pada pakaian. Sisir rambut dan pisahkan beberapa bagian supaya lebih mudah. Fokus pada tiap satu per satu bagian supaya masker dapat merata ke seluruh rambut.

Setelah itu, tutup semua bagian dengan menggunakan topi mandi. Biarkan selama 30 menit sebelum dicuci dengan air hangat. Kamu dapat mengulangnya dua kali dalam sepekan untuk hasil yang efektif.

Yoghurt memang dikenal mampu melembabkan kulit kepala. Sedangkan madu berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur yang dapat mengekang aktivitas bakteri penyebab masalah. Asam dalam jus lemon membantu menyeimbangkan tingkat keasaman kulit kepala, sehingga bakteri sulit berkembang biak.

AYO BACA : Tujuh Kebiasaan Berbahaya Saat Mandi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar