Yamaha Aerox

Japnas Jabar Bangun Kemitraan Hulu Hilir

  Selasa, 05 Juni 2018   Dadi Haryadi
Suasana buka puasa bersama Japnas Jabar bersama anak yatim di Hotel Horison, Bandung, Selasa (5/6). (Dadi Haryadi/ayobandung)

BKR, AYOBANDUNG.COM--Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat terus berupaya membangun kemitraan mulai dari sektor hulu hingga hilir. Cara tersebut dinilai paling efektif untuk memperluas ruang bisnis para pelaku usaha.

Ketua Japnas Jabar, Iwan Gunawan mengatakan, pihaknya berupaya menjalin sinergitas antara pengusaha kecil yang banyak bergerak di sektor hulu dengan pengusaha besar yang berada di hilir.

"Kemitraan hulu hilir punya arti yang sangat penting, sehingga pelaku usaha bisa mendapatkan akses bahan baku dari sumber produksi dan hilirnya untuk pemasaran," ujar Iwan dalam acara buka Japnas Jabar bersama anak yatim di Hotel Horison, Bandung, Selasa (5/6/2018).

Selain itu, pengusaha juga perlu menjalin kemitraan dengan seluruh stakeholder seperti pemerintahan, akademisi, dan lainnya. Hal ini akan mempermudah akses untuk memperkuat kelembagaan, pembiayaan, sumber daya manusia (SDM), teknologi, dan informasi.

Menurut Iwan, Japnas berbeda dengan organisasi pengusaha lain karena lebih fokus terhadap pengembangan bisnis anggota agar bisa naik kelas.

"Kami terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Baru-baru ini dengan komunitas mantan pegawai bank yang menjadi wirausaha," ucap Iwan.

Sementara dalam kegiatan sosial kepada anak yatim, pihaknya memberikan uang, paket sembako, dan perlengkapan sekolah. Kegiatan tersebut rutin dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar