Yamaha Aerox

Lima Tim Tempat Zidane Kemungkinan Berlabuh

  Sabtu, 02 Juni 2018   Arfian Jamul Jawaami
Zinedine Zidane.

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Petualangan Zinedine Zidane di Real Madrid telah selesai. Setidaknya Zidane berpisah dengan status pahlawan setelah berhasil membawa Madrid menjuarai Liga Champions tiga kali secara beruntun. 

Kisah perjalanan Zidane bersama Madrid bermula ketika El Real meminangnya dari Juventus tahun 2001 silam. Ketika itu Zidane berlabel pemain termahal dunia. Enam tahun berselang Zidane memilih pensiun di Madrid. 

Sementara karir kepelatihan Zidane dimulai ketika menjadi asisten pelatih Real Madrid tahun 2013. Satu tahun berselang Zidane ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid Castilla. Namun pemecatan Rafael Benitez di tim senior Madrid pada tahun 2016 membawa Zidane terpilih menjadi pelatih.

Pertanyaannya, kemana sekarang Zidane akan berlabuh? Untuk itu ayobandung memberikan prediksi tentang lima klub yang akan dilatih Zidane selanjutnya, beserta alasannya. Berikut daftarnya. 

1. Prancis
Pelatih Prancis Didier Deschamps percaya bahwa Zidane akan menjadi suksesor potensial untuk menukangi tim Ayam Jantan. Deschamps sendiri dikabarkan akan meninggalkan timnas Prancis pasca Piala Dunia 2018 meski kontraknya selesai tahun 2020.

"Saya tidak tahu apa keputusan Zidane. Saya pikir untuk sekarang Zidane ingin menikmati waktu istirahat dengan keluarga.Setelah itu, Zidane akan menjadi pelatih Prancis suatu hari nanti," ujar Deschamps seperti dikutip dari Goal.

Jika benar melatih Prancis maka Zidane tidak akan mengalami kendala berarti. Pasalnya, kini skuat Prancis tengah mengalami regenerasi potensial dan memiliki materi pemain muda berbakat seperti Kylian Mbappe, Paul Pogba hingga Antoine Griezmann.  

2. Chelsea
Chelsea dipastikan tidak akan berlaga di Liga Champions musim depan setelah hanya finis diperingkat kelima Liga Inggris. Raihan tersebut tentu membuat Roman Abramovich galau bukan kepalang dan ragu dengan kapabilitas Antonio Conte.

Mantan pelatih Napoli Maurizio Sarri dikabarkan akan menggantikan posisi Conte di Stamford Bridge. Namun keputusan Zidane untuk mengundurkan diri Real Madrid memberikan alternatif lain bagi Abramovich. Uang jelas bukan masalah bagi The Blues.

Terlebih Abramovich memang dikenal memiliki gairah yang besar untuk dapat menguasai Eropa. Sementara jejak rekam Conte di Eropa terbilang biasa saja. Sedangkan Zidane telah memberikan tiga gelar Liga Champions untuk El Real.

3. Juventus
Zidane tidak akan menjadi seperti sekarang jika pada tahun 1996 silam Juventus enggan membelinya dari Monaco. Karir sepak bola Zidane berkembang pesat di Juventus. Bahkan Zidane meraih Ballon d'Or tahun 1998 saat masih membela La Vecchia Signora.

Dua tahun lalu Zidane mengaku memiliki perasaan khusus dengan Juventus. Zidane juga membuka peluang untuk kembali ke Turin sebagai pelatih. "Ada perasaan spesial dengan Juventus. Suatu hari nanti saya mungkin kembali ke Turin di kamar ganti," ujar Zidane seperti dikutip dari Goal.

Sementara pelatih Juventus saat ini Massimiliano Allegri dikabarkan tergiur untuk menukangi klub diluar Italia. Tidak heran karena Allegri telah meraih segalanya di Italia. "Jelas saya akan pergi ke luar negeri. Di Italia berakhir," ujar Allegri.

4. Manchester United
Pasca kepergian Sir Alex Ferguson, Manchester United tidak pernah benar-benar menemukan pengganti pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut. Nama seperti David Moyes, Louis Van Gaal hingga pelatih Setan Merah saat ini, Jose Mourinho dinilai tidak mampu melanjutkan dominasi The Great One.

Khusus Mourinho, sebenarnya tidak buruk sama sekali. Bahkan Mourinho berhasil memberikan gelar Liga Europa, Piala Inggris serta Community Shield di musim pertamanya melatih United. Namun musim lalu Mourinho tampil begitu inkonsisten.

Sementara sang seteru abadi yakni Manchester City tengah menikmati bulan madu indahnya bersama Pep Guardiola. Kehadiran Zidane di Inggris dinilai beberapa kalangan akan dapat menghentikan dominasi Guardiola.

Kepergian Zidane dari Real Madrid tentu membawa angin segar bagi publik Old Trafford. Bukan tidak mungkin jika Zidane akhirnya melatih United maka Cristiano Ronaldo juga akan dibawanya pulang. 

5. Qatar
Timnas Qatar, seperti dikutip dari The Sun, dikabarkan tertarik untuk menggunakan jasa Zidane sebagai pelatih. Bahkan negara Timur Tengah tersebut dikabarkan telah menyiapkan tawaran kontrak super mewah berdurasi empat tahun senilai 176 juta poundsterling atau setara dengan Rp3.2 triliun.

Artinya kontrak tersebut akan berakhir pada tahun 2022. Seperti diketahui bahwa Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Predikat tuan rumah membuat Qatar dapat lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia tanpa melewati babak kualifikasi. Tidak heran jika Qatar kebelet mendatangkan Zidane.

Jika kesepakatan tersebut benar terjalin maka Zidane akan menjadi pelatih dengan gaji tertinggi di dunia. Kini rekor pelatih termahal masih dipegang oleh Marcello Lippi yang mendapat gaji senilai Rp331 miliar per tahun dari timnas Tiongkok. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar