Yamaha Aerox

5 Mobil Bekas Eropa Termurah, Hanya Rp35 Jutaan

  Rabu, 30 Mei 2018   Arfian Jamul Jawaami
BMW 318i E30 salah satu mobil bekas Eropa murah.(drive-my.com)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Citra berkelas dan mewah selalu melekat pada mobil produksi pabrikan otomotif asal Eropa. Mercedes Benz, BMW, Renault, Volvo, Peugeot, Volkswagen, Audi hingga Mini Cooper bisa jadi contoh.

Padahal mobil bekas asal Eropa sebenarnya memiliki harga jual dan beli yang lebih rendah dari hasil produksi pabrikan Asia seperti Toyota, Honda, Kia maupun Mitsubishi.

Dapat tampil berkelas tapi dengan biaya terjangkau tentu menjadi keuntungan ganda di mata sosial. Oleh karena itu, ayobandung.com merangkum lima mobil bekas asal pabrikan Eropa dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut daftarnya.

1. BMW 318i E30

Seri legendaris BMW 318i E30 atau lebih dikenal dengan nama M40 dirilis pertama kali pada tahun 1987 hingga 1995. Eksistensi BMW M40 semakin populer ketika menjadi properti utama dalam film Catatan Si Boy yang diperankan oleh Onky Alexander. 

Mobil sedan berkapasitas mesin 1.800 centimeter cubic tersebut memiliki bentuk tubuh yang begitu dimanis dan tidak termakan zaman. Tidak heran jika hingga kini seri M40 masih begitu dicari oleh penggila mobil Eropa.

Keabadian desain mobil terlihat jelas dari kehadiran empat lampu bulat sebagai headlamp yang dipadukan dengan kidney grille khas pabrikan BMW. Begitu muda sesuai dengan segmentasi pasar dari semua tipe BMW seri 3.

Kelebihan utama M40 adalah memiliki mesin ganas dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Selain itu, sparepart terbilang banyak dan murah. Terlebih M40 memiliki harga beli yang relatif terjangkau yakni berkisar antara Rp20 juta hingga Rp45 juta.

2. BMW 318i E36

BMW 318i E36 merupakan generasi ketiga dari seri 3 yang diproduksi pertama kali pada tahun 1990. Sejatinya E36 menjadi penerus dari seri legendaris E30. Namun, tubuh dari E36 terlihat lebih ideal dan modern.

Mesin yang digunakan berkapasitas 1.800 centimeter cubic dengan empat silinder segaris. Namun, mobil yang resmi dipasarkan di Indonesia pada tahun 1992 tersebut memiliki akselerasi lemah dan respon lambat.

Wajar meski terlihat begitu mewah tapi BMW 318i E36 memiliki harga beli yang terbilang murah. Kehadirannya memang ditujukan bagi pasar menengah. Kini harga beli bekas dari BMW 318i E36 berkisar antara Rp35 juta hingga Rp60 juta.

3. Volvo S40

Sejatinya Volvo merupakan merek mobil mewah asal Swedia yang pernah digunakan oleh pejabat tinggi Indonesia bahkan Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinas resmi. Alasannya karena Volvo merupakan mobil dengan predikat ternyaman di dunia.

Namun, kejayaan Volvo di pasar Indonesia nampak telah melemah seiring ekspansi dari produsen otomotif asal Jepang dan Korea Selatan lewat merek semisal Toyota, Honda, Suzuki, Mistsubishi, Kia, Hyundai hingga Datsun.

Bahkan Volvo seri klasik 960 dan 850 memiliki kisaran harga mulai dari Rp20 juta. Catatan harga tersebut menjelaskan pasar Volvo yang semakin menurun tergerus produk Asia.

Sementara untuk seri Volvo S40 yang dirilis pertama kali pada tahun 1995 juga memiliki daya beli yang murah. Untuk Volvo S40 tahun 2002 hingga 2004 saja memiliki kisaran harga antara Rp35 juta hingga Rp55 juta.

Padahal Volvo S40 memiliki bentuk tubuh yang sangat modern dan tidak ketinggalan zaman. Mesin pacu milik S40 terkenal sangat bandel dan jarang rusak parah. Terlebih interior yang dimilikinya terbilang mewah.

4. Mercedes Benz W124

Mercedes Benz adalah soal kemewahan dan gengsi. Citra berkelas sangat melekat kepada setiap pengguna mobil produksi Jerman tersebut. Salah satu produk yang paling legendaris adalah Mercy W124 atau lebih dikenal dengan seri Boxer.

Pertama kali diproduksi pada tahun 1984 untuk menggantikan seri Mercy Tiger W123. Mercy W124 merupakan sedan ukuran menengah atau executive car. Tipe pertama dari seri W124 yang dirilis ke pasar Indonesia adalah 200 dan 300E.

Dikatakan Boxer karena tubuh mobil terbilang besar dan cenderung kotak minim lekukan tapi tetap berkelas. Desain tersebut merupakan hasil pengembangan produksi yang memakan waktu lama dengan biaya besar. 

Tidak heran dalam rentang waktu antara 1984 hingga 1996 Mercy W124 berhasil terjual sebanyak 2.7 juta unit. Bahkan hingga kini popularitas Mercy W124 tidak kunjung padam. Untuk harga beli dari seluruh tipe Mercy W124 berkisar antara Rp35 juta hingga Rp100 juta sesuai kondisi dan tahun produksi. 

5. Renault Clio

Clio merupakan mobil hatchback yang diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Prancis, Renault. Dirilis pertama kali pada tahun 1990 dan telah memiliki tiga generasi. 

Generasi pertama hadir hingga tahun 1998. Diteruskan oleh generasi kedua yang diluncurkan hingga tahun 2005. Sementara generasi ketiga masih diproduksi hingga kini.

Renault sebenarnya kurang diminati oleh pasar Indonesia. Terlihat dari harga jual dan beli Renault yang terbilang sangat murah. Renault Clio tahun 2003 saja memiliki harga yang sangat terjangkau yakni berkisar antara Rp30 juta hingga Rp40 juta. 

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar