Yamaha Aerox

Jadi Pengendara Motor yang Santun Bersama Scoopy Club Bandung

  Minggu, 27 Mei 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Komunitas Scoopy Club Bandung. (Ist)

SETIABUDI, AYOBANDUNG.COM--Apa yang ada di benak ketika mendengar tentang komunitas motor? Yang terbayang adalah gerombolan para pencinta motor yang doyan mengadakan touring ke berbagai tempat. Atau, sekedar pencinta motor yang menggunakan motor sejenis dan doyan melakukan kopi darat.

Namun, cobalah tengok Scoopy Club Bandung (Scuba). Seolah ingin mendobrak anggapan orang tentang anak-anak motor yang doyan kebut-kebutan, Scuba hadir menjadi salah satu komunitas motor yang menjunjung tinggi etika berkendara di lapangan.

Sesuai dengan slogan yang dimilikinya, ‘4S (sosiality, solidarity, safety, dan share)’, Scuba hadir menjadi wadah bagi para pemakai dan pencinta motor Honda Scoopy yang ingin menyuarakan bagaimana cara berkendara yang aman saat di jalan.

“Scuba terbentuk tahun 2010. Bisa dibilang kami menjadi penggagas komunitas motor Scoopy yang ada di Indonesia,” ujar Sekretaris Komunitas Scuba, Kunthi Kayati saat ditemui di gelaran My Ramadhan My Charity di Bandung, Sabtu (26/5/2018).

Sesuai dengan slogannya, Scuba rutin mengadakan agenda tentang safety riding. Agenda ini bisa diadakan selama tiga kali dalam satu tahun. Agenda ini mencakup sharing session soal safety riding juga role play di lapangan tentang tata cara berkendara yang lain.

Selain itu, untuk terus mengasah kreativitas para anggotanya, Scuba juga sering mengadakan kompetisi modifikasi motor. Bahkan, beberapa perwakilan dari Scuba sudah berhasil mengikuti ajang kompetisi modifikasi di tingkat nasional.

Untuk persiapan menjelang lebaran nanti, Scuba berencana turut membantu pihak kepolisian di beberapa pos mudik yang terletak di Bandung Raya.

Sejumlah kegiatan juga siap dilakukan Scuba selama bulan Ramadan, seperti pembagian takjil kepada anak-anak yatim dan ikut membantu membersihkan masjid.

“Jadi kami enggak ingin hanya sekedar eksis saja. Tapi juga ingin komunitas ini jadi panutan bagi teman-teman yang lain,” ujar Kunthi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar