Yamaha NMax

Ladies Bikers Jabar, Wadahnya Wanita-Wanita Tangguh di Jalanan

  Minggu, 27 Mei 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ladies Bikers Jawa Barat. (Anggun Nindita/ayobandung)

SETIABUDI, AYOBANDUNG.COM--Segerombolan anak-anak motor itu terlihat memasuki area KFC Sukawangi pada Sabtu (26/5/2018). Mereka kompak memakai baju hitam-hitam, beberapa malah terlihat memakai sepatu boots dan rompi, yang biasanya menjadi kostum kebangsaan anak-anak motor. Yang unik, beberapa dari mereka tampak mengenakan hijab. Ada juga yang mengendarai motor dengan makeup penuh.

Ya, jika biasanya anak-anak komunitas motor ini kebanyakan didominasi oleh pria, maka tidak dengan yang satu ini. Adalah Ladies Bikers Jawa Barat, kumpulan para wanita yang punya kecintaan pada dunia otomotif.

Awalnya hanya keingingan beberapa anggota yang ingin mempunyai wadah tersendiri untuk menaungi kaum hawa dengan ketertarikan soal otomotif. Akhirnya, sekitar November 2017, terbentuklah Ladies Bikers Jawa Barat ini.

Sebelumnya, kaum hawa yang tergabung di komunitas motor sebenarnya sudah bisa berkumpul dengan Ladies Bikers Indonesia. “Namun kami putuskan ingin membuka chapter yang khusus Jawa Barat. Gunanya tidak lain supaya membuat komunikasi para wanita pecinta motor di sini semakin lancar,” kata Humas Ladies Bikers Jawa Barat, Alexa Candra.

Tidak sembarangan, untuk bergabung dalam wadah Ladies Bikers Jawa Barat, seseorang harus sudah tergabung dalam satu komunitas otomotif dan memiliki nomor registrasi resmi. Selain itu, motor yang digunakan harus memiliki dokumen lengkap seperti SIM, STNK, dan BPKB.

“Yang pasti kalau mau gabung harus bisa bawa motor sendiri. Enggak boleh boncengan,” ujar Alexa.

Selain syarat-syarat tersebut, ada juga hal penting lain yang kudu dipenuhi. Setiap wanita yang ingin menjadi anggota juga harus mendapatkan izin dari keluarga. Hal ini dilakukan sebagai jaminan bahwa Ladies Bikers Jawa Barat menjamin keamanan untuk setiap kegiatannya. “Untuk yang mau bergabung harus izin dulu kepada keluarga. Yang sudah punya suami tentu saja harus seizin suami,” kata Alexa.

Anggota Ladies Bikers Jawa Barat terdiri dari banyak kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, wanita karier, hingga ibu-ibu rumah tangga.

Namanya juga kaum hawa, agenda rutin berkumpul untuk sharing dan diskusi soal motor pun jadi terasa lebih ramai dipenuhi riak tawa. Begitu pula saat touring. Perjalanan touring dibikin dengan cara yang lebih santai sambil menikmati alam. Tak jarang, persiapan sebelum touring pun menjadi lebih ribet. Mengingat banyak hal yang harus dipersiapkan oleh kaum hawa.

“Harus siap secara stamina juga kesehatan. Pasti lah kalau cewek lebih riweuh. Tapi kami menjalakannya dengan senang,” ujar Alexa.

Tercatat sudah beberapa tempat yang pernah disinggahi oleh Ladies Bikers Jawa Barat, seperti Ciwidey, Pantai Santolo, dan Pantai Batu Karas.

Bukan cuma soal menjalankan motor saja, beberapa anggotanya bahkan sudah mahir ‘mengoprek’ motor. “Istilahnya mah, ada beberapa yang sudah bisa ngoprek motor sendiri,” ujar Alexa.

Selain touring, mereka juga rutin menggelar kajian setiap dua minggu sekali di bulan Ramadan ini. Ladies Bikers Jawa Barat pun siap mengadakan agenda sahur on the road pada pekan ketiga bulan Ramadan nanti.

Alexa berharap Ladies Bikers Jawa Barat bisa menjadi wadah bagi kaum hawa untuk memperlihatkan kemampuannya di bidang otomotif. “Karena masih banyak wanita yang gemar otomotif tapi belum bisa tersalurkan. Jangan kalah sama kaum pria,” pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar