Yamaha Aerox

Tips Tidur Sehat Selama Ramadan

  Minggu, 27 Mei 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi tidur. (Pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Ramadan adalah bulan yang menantang. Selain harus berhadapan dengan perut keroncongan karena menahan lapar selama 12-13 jam dalam sehari, umat muslim juga harus mengurangi jatah waktu tidurnya lantaran harus terjaga pada dini hari untuk melaksanakan sahur.

Pola tidur sedemikian rupa bisa berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan. Kurang tidur menjadi hal yang biasa. Namun, bukan berarti kita mengabaikan kesehatan di bulan Ramadan.

Berikut beberapa tips tentang cara tidur nyenyak di bulan Ramadan diambil dari Almadina Institute.

 

Membagi dua fase tidur

Meski bulan Ramadan tak memungkinkan seseorang untuk tidur dalam waktu standar, tapi itu perlu dicoba. Misalnya dengan membagi dua fase tidur pada malam hari dan siang hari.

Idealnya, seseorang tidur selama 6-7 jam per hari. Kamu bisa tidur selama 4-5 jam pada malam hari hingga waktu sahur tiba. Kemudian, lanjutkan waktu tidurmu setelah sahur sebelum beraktivitas sehari penuh. Lalu, gunakan pula waktu istirahat kerjamu di siang hari dengan tidur singkat sehingga jam tidur 6-7 jam bisa terpenuhi.

Dapatkan paparan sinar matahari untuk memperkuat siklus sirkadian

Tingkatkan paparan sinar matahari yang masuk ke dalam tubuh. Kamu cukup membiarkan paparan sinar matahari menyengatmu selama 10 menit di pagi hari. Ini akan membantu mengkalibrasi ulang jam tubuh kepada ritme yang lebih alami dan pola tidur yang lebih baik.

Ambil wudu sebelum tidur

Mengambil air wudu dapat membantu proses tidur karena dapat menyebabkan pergeseran suhu tubuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa rasa kantuk dikaitkan dengan penurunan suhu tubuh.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar