Yamaha NMax

Ini 10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

  Kamis, 17 Mei 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi Ramadan. (Satrio Iman/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa puasa membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.

Puasa selama bulan Ramadan akan membantu memulihkan dan memperbaiki tubuh Anda. Ingin tahu apa saja manfaat yang bisa dihasilkan dari berpuasa?

 

Merangsang produksi hormon pertumbuhan manusia

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh. Hormon ini membantu Anda tetap bugar dan memperlambat proses penuaan.

Membakar lemak

Puasa membantu Anda untuk tetap langsing karena kelebihan lemak di dalam tubuh akan segera rusak yang diakibatkan adanya HGH (hormon pertumbuhan manusia). HGH juga merupakan hormon pembakar lemak. Lemak di tubuh Anda tidak dapat dibakar tanpa puasa. Sebab, saat membakar lemak tubuh Anda terlebih dahulu memecah cadangan glukosa dan kemudian baru lemak.

Menekan hormon kelaparan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa mengatur tingkat hormon penghasil rasa lapar yang disebut sebagai ghrelin. Karena itu, setelah berpuasa beberapa hari, Anda tidak akan mendapatkan rasa kelaparan. Anda mulai kehilangan kalori ekstra dan dapat membantu dalam menjaga berat badan yang sehat.

Pencegahan kanker

Puasa mencegah kerusakan oksidatif pada sel dan asam nukleat, yang dengan demikian mencegah risiko kanker. Ini juga memperlambat proses penuaan dan membantu Anda terlihat lebih muda. Tingkat energi dalam tubuh Anda juga meningkat.

Detoksifikasi

Puasa membantu menghilangkan racun yang terkumpul di dalam tubuh yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada organ tubuh. Radikal bebas yang terakumulasi ini juga dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Puasa menghilangkan radikal bebas ini dari tubuh dan mengurangi risiko penyakit serius. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari puasa.

Meningkatkan kekuatan otak

Puasa meningkatkan produksi protein yang disebut sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Ini membantu dalam pembentukan sel-sel otak baru dan meningkatkan kesehatan otak dengan merangsang sekresi zat kimia lain di otak. Puasa juga dapat mengurangi risiko penyakit parkinson dan alzheimer.

Mengurangi risiko diabetes

Dalam kehidupan masa kini, alasan utama diabetes adalah resistensi insulin. Ini berarti insulin dalam tubuh tidak berfungsi dengan baik. Resistensi insulin ini disebabkan oleh obesitas. Puasa dapat menurunkan resistensi insulin dan kelebihan glukosa dalam darah.

Mengurangi penyakit jantung

Puasa menghilangkan trigliserida dari tubuh Anda dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat. Kedua zat ini menyebabkan pengerasan pembuluh darah yang dapat merusak jantung. Berpuasa membantu untuk menghapus semua pemicu perusak jantung dari tubuh Anda.

Merangsang kesehatan hati

Hati adalah organ utama dari metabolisme sehingga semua racun masuk ke hati untuk dirusak dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Racun yang terkumpul di hati ini terkadang dapat merusak fungsi hati. Jika Anda berpuasa, maka hati akan punya waktu untuk istirahat dan ini dapat memperbaiki sekaligus meremajakannya.

Penyembuhan spiritual

Penyembuhan tidak selalu berarti menyembuhkan tubuh Anda dengan obat-obatan. Penyembuhan Spritual berarti bahwa tubuh dan jiwa Anda disembuhkan. Puasa menempatkan tubuh Anda dalam mode istirahat. Pikiran Anda tenang dan rileks. Jika kesehatan mental Anda membaik, ini akan menunjukkan pengaruh positif pada kesehatan fisik Anda.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar