Yamaha NMax

Mauro Morandi, Kisah Cast Away di Dunia Nyata

  Kamis, 17 Mei 2018   Arfian Jamul Jawaami
Mauro Morandi. (Instagram @maurodabudelli)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Pernah mendengar kisah Chuck Noland dalam film "Cast Away"? Aktor senior Tom Hanks yang memerankan karakter Noland hidup sendirian di pulau antah berantah selama empat tahun lantaran kecelakaan pesawat terbang. Dalam pengasingannya, Noland hanya bersama satu teman khayalan, yaitu sebuah bola voli bernama Wilson.

Kisah Noland nampaknya hadir di dunia nyata tapi dengan motif dan alasan berbeda. Adalah Mauro Morandi, seorang pria paruh baya asal Italia berusia 79 tahun yang memilih tinggal sendirian di sebuah pulau bernama Budelli di Polynesia sejak 1 Juli 1989.

Mauro mengasingkan diri lantaran penat dan jenuh dengan kehidupan modern yang palsu. Mauro menilai bahwa kini manusia modern hanya mengejar kekuasaan dan uang semata, sehingga melupakan esensi dari kehidupan yang di antaranya adalah bahagia serta bergaul dengan alam.

Pertemuan Mauro dengan Budelli berawal ketika dia bersama beberapa temannya berlayar pada tahun 1989. Sejak itu Mauro langsung jatuh cinta dengan keindahan alam Budelli yang dikaruniai pantai dengan pasir berwarna merah muda. Tidak sulit bagi Mauro untuk kemudian memutuskan tinggal di Budelli sebagai tempat tinggal permanen.

Mauro hidup dengan mengandalkan tenaga matahari untuk kebutuhan listrik. Dia juga menggunakan alat penyuling untuk membuat air hujan menjadi layak konsumsi. Bahkan, Mauro membuat sendiri alat rumah tangga dari benda yang ditemukannya.

Seperti dilansir dari Mother Nature Network pada Jumat (4/5/2018), Mauro menghabiskan waktu di pulau Budelli dengan melakukan ragam aktivitas seperti membaca, meditasi, olahraga, serta menjaga kebersihan pulau melalui cara mengumpulkan sampah di bibir pantai.

Budelli terletak tepat di Laut Mediterania dan di sebelah selatan Pulau Sardinia, Italia. Budelli menjadi salah satu dari tujuh pulau di Taman Nasional La Maddalena yang tidak secara resmi dibuka untuk umum.

Namun, pada tahun 1999, Pemerintah Italia mulai membuka Budelli sebagai destinasi pariwisata baru. Kebijakan tersebut yang kemudian memberikan Budelli akses wifi, sehingga Mauro dapat memperkenalkan Budelli lewat internet. Kini, kehidupan Mauro dan keindahan alam Budelli dapat dilihat melalui akun instagram @maurodabudelli.

Beberapa turis kerap datang pada musim panas. Artinya, tidak ada turis yang datang antara bulan November hingga April, termasuk teman-teman Mauro yang kerap berkunjung memberinya ikan segar.

Namun, pada tahun 2016 pantai merah muda di Budelli ditutup pemerintah dengan tujuan melindungi ekosistem alam. Hanya beberapa destinasi yang dapat dikunjungi wisatawan. 

Sejak saat itu, pemerintah mulai menentang hak Mauro untuk tinggal di Budelli. Namun, sebuah petisi kemudian dibuat publik untuk memprotes rencana pengusiran Mauro. Dalam petisi itu terdapat lebih dari 18.000 tanda tangan yang meminta penundaan pengusiran Mauro tanpa batas waktu. Sampai saat ini Mauro masih tetap menjaga Budelli dan tinggal sendiri di pulau tersebut. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar