Yamaha Mio S

Tujuh Manfaat Sehat Berpuasa di Bulan Ramadan

  Rabu, 16 Mei 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi Ramadan. (Satrio Iman/ayobandung)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Berpuasa di bulan Ramadan hanya memungkinkan mereka yang menjalaninya makan dua kali sehari. Yang pertama sebelum fajar menyongsong dan kedua saat matahari telah terbenam.

Menahan lapar selama itu biasanya bakal berujung pada masalah pencernaan. Apalagi jika hidangan buka puasa luar biasa menggoda, kita pasti tak tahan untuk tidak melahap semuanya.

Meski mungkin benar bahwa beberapa orang mengalami masalah percernaan selama puasa, tapi nyatanya berpuasa selama satu bulan penuh juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika Anda memastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan sehat dan menjaga diri terhidrasi dengan baik selama Ramadan, Anda bisa menjadi lebih sehat dari sebelumnya. Inilah mengapa puasa selama Ramadan terbukti sehat, baca terus!

 

Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda menghindari banyak makanan manis dan makanan berminyak selama Ramadan, Anda dapat menurunkan berat badan dengan cukup mudah, karena Anda hanya makan dua kali sehari. Jika kedua makanan tersebut seimbang dan sehat, Anda bisa kehilangan beberapa kilogram sebelum akhir Ramadan!

Meningkatkan kontrol diri

Puasa selama Ramadan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kendali diri Anda, terutama ketika menyangkut makanan. Jika Anda bisa mengontrol diri selama sebulan itu, maka akan mudah untuk terus melanjutkannya dan menjadikannya sebuah kebiasaan.

Mengurangi kolesterol

Selama Ramadan, orang-orang cenderung makan di rumah hanya dua kali sehari, dan mereka menghindari makanan cepat saji dan makanan kurang sehat lainnya. Ini dapat membantu mengurangi kadar lemak dan kolesterol darah.

Membantu mengatasi kecanduan

Kebanyakan orang akan menahan diri dari hal-hal yang kurang baik seperti merokok, minum alkohol, dan lain-lain selama Ramadan. Kebiasaan ini dapat membantu mereka beristirahat dari kecanduan mereka dan mungkin juga membantu mereka untuk membatasi kebiasaan mereka sepenuhnya.

Detoksifikasi tubuh

Puasa adalah cara yang baik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda. Karena tubuh Anda mendapatkan istirahat dari asupan makanan yang kurang sehat seperti makanan cepat saji.

Meningkatkan kekebalan

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda sampai batas tertentu, karena sistem tubuh Anda didetoksifikasi dan sistem pencernaan dapat menghasilkan cairan yang lebih sehat.

Mengurangi hipertensi

Saat berpuasa, tingkat metabolisme tubuh berkurang, dan begitu juga kadar lemak darah. Pada gilirannya ini membantu mengurangi kondisi seperti tekanan darah tinggi dan penyakit terkait.

  Tag Terkait

   Berbagi Artikel

   Komentar

Komentar