Yamaha NMax

Disdik Jabar Optimistis PPDB 2018 Berjalan Optimal

  Selasa, 15 Mei 2018   Mildan Abdalloh
Ilustrasi -- Seorang siswa saat dalam proses belajar mengajar. (Irfan Alfaritsi/ayobandung)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat meyakini proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK tahun ajaran 2018/2019 akan berjalan dengan baik lantaran persiapan secara matang telah dilakukan.

"Sosialisasi dilakukan secara bertahap supaya secara internal dan masyarakat luas memahami aturan PPDB dengan baik," tutur Sekretaris I Panitia PPDB, Dian Peniasiasni, Selasa (15/5/2018).

Ada beberapa perubahan dalam proses PPDB tahun ini, seperti dalam proses pendaftaran. Tahun lalu, proses pendaftaran dilakukan secara daring dengan input data yang dilakukan mandiri. "Kalau sekarang, dengan pertimbangan tidak semua masyarakat bisa mengoperasikan lT, pendaftaran dilakukan dengan mendatangi sekolah secara langsung," ujar Dian.

Selain itu, kata Dian, untuk siswa yang akan mendaftar ke sekolah di luar kota atau kabupaten, siswa dapat mendaftarkan diri melalui cabang dinas sesuai domisili.

Pembagian Jalur PPDB 2018

Perbedaan lainnya terletak pada jalur PPDB yang pada tahun lalu dibedakan secara garis besar menjadi jalur akademik dan nonakademik. Untuk tahun ini, jalur PPDB dibadi menjadi beberapa jalur. Antara lain jalur keluarga tidak mampu, jalur untuk warga penduduk setempat, jalur penghargaan maslahat guru seperti untuk anak berkebutuhan khusus, dan jalur prestasi serta jalur nilai hasil ujian nasional.

Jalur untuk warga penduduk setempat merupakan hal yang baru dalam pelaksanaan PPDB tahun ini. Jalur ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat di sekitar sekolah yang tidak memenuhi kriteria jalur lainnya. Jalur anyar tersebut dimunculkan berdasarkan evaluasi PPDB sebelumnya.

“Ada warga yang dekat dengan sekolah, tetapi tidak bisa masuk kategori tidak mampu. Karena, dia mampu, atau dia juga tidak bisa masuk jalur untuk penghargaan maslahat guru, karena bukan putra guru, masuk nilai hasil ujian nasional (NHUN) juga nilainya kecil. Ini tentu kami hindarkan. Ini didukung oleh Permendikbud bahwa seleksi yang utama yaitu berdasarkan jarak,” beber Dian.

Terkait jadwal, pendaftaran PPDB untuk keluarga ekonomi tidak mampu (KETM), penghargaan maslahat guru (PMG), dan anak berkebutuhan khusus (ABK), warga penduduk setempat (WPS), dan prestasi dilakukan pada 4-8 Juni 2018. Sedangkan untuk pendaftaran jalur nilai hasil ujian nasional (NHUN) dilaksanakan pada 5, 6, 7, dan 9 Juli 2018.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar